Jose Mourinho Tak Pernah Taklukkan Real Madrid

Pelatih asal Portugal ini kembali gagal mencatat kemenangan atas Real Madrid.


OLEH  Gunawan Widyantara     Ikuti di twitter


Jose Mourinho gagal mempersembahkan trofi perdana untuk Manchester United musim ini setelah tim asuhannya dipaksa takluk di hadapan Real Madrid dengan skor 2-1 pada gelaran Piala Super Eropa di Nacionalna Arena Filip II Makedonski, Skopje. 

Makedonia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah duel jawara Liga Champions dan Liga Europa musim lalu dan di Skopje Los Blancos mengukuhkan status sebagai penguasa Benua Biru setelah gol Casemiro dan Isco hanya bisa dibalas satu oleh Romelu Lukaku.

Laporan Pertandingan: Real Madrid 2-1 Manchester United

Sebelum pertandingan, the Special One sudah mengutarakan jarak antara Manchester United dan Real Madrid masih besar dan ucapan tersebut memang terbukti.

Tetapi sebenarnya secara personal, Jose Mourinho memang punya catatan tidak menyenangkan melawan Real Madrid. Tercatat juru taktik asal Portugal ini sudah lima kali bertemu dengan El Real dengan empat di antaranya di fase gugur Liga Champions dan satu di Piala Super Eropa.

Empat pertemuan Mouriho dengan Los Merengues sebelumnya terjadi saat dia masih membesut raksasa Portugal FC Porto. Pertama pada 19 Februari ketika itu gol kaki kiri semata wayang Santiago Solari tujuh menit sebelum waktu normal habis menghadirkan pesta di Santiago Bernabeu. 

Porto Real Madrid UCL 0112003

Pertemuan kedua terjadi sepakan kemudian di Estadio Do Dragao di mana Solari kembali menjadi hantu bagi Porto dengan mencetak gol kilat pada menit ketujuh. 13 menit kemudian tim ibu kota Spanyol menggandakan keunggulan melalui Ivan Helguera dan sebelum babak pertama berakhir tuan rumah menipiskan kedudukan di menit 28 melalui tembakan kaki kanan Nuno Capucho dan skor 2-1 bertahan hingga bubaran laga.

Semusim kemudian Porto kembali berada satu grup dengan Madrid. Pada pertemuan pertama Madrid berhasil mencatat kemenangan meyakinkan 3-1. 

Ketika itu Costinha sempat membuat publik di Estadio das Antas bersorak kegirangan dengan golnya di menit ketujuh namun lagi-lagi Helguera dan Solari menjebol gawang hingga El Real menutup babak pertama dengan keunggulan yang bisa ditambah di babak kedua melalui Zinedine Zidane.

SIMAK JUGA: Jose Mourinho Serahkan Medali Runner-Up Kepada Suporter

Upaya Mourinho untuk meraih kemenangan atas Madrid lagi-lagi kandas pada pertemuan keempat. Bermain di Bernabeu pada 9 Desember 2003, Porto hanya sanggup bermain imbang 1-1 dengan gol dicetak Solari untuk tuan rumah sementara tim tamu menyamakan kedudukan melalui tembakan titik putih Derlei. 

14 tahun berselang, kesempatan berduel dengan Real Madrid sekaligus menebus penasaran tak pernah menang atas tim raksasa Eropa itu kembali hadir di Piala Super.

Jose Mourinho Real Madrid Manchester United UEFA Super Cup

Meski sudah mendatangkan pemain top seperti Romelu Lukaku, Victor Lindelof dan Nemanja Matic, sebelum laga Mourinho mengatakan jarak antara tim besutannya dengan skuat Zinedine Zidane masih lebar.

“Kami akan mencoba tetapi perbedaan antara juara Liga Champions dan Liga Europa sangat terlihat,” cetusnya di konferensi pers.

Pada akhirnya prediksi itu benar-benar menjadi kenyataan. Mourinho benar, El Real memang berada di level yang berbeda dengan United. 

Jose Mourinho Vs Real Madrid

Sebelumnya Marca menghitung nilai keda tim. Pasukan Mourinho secara total mengumpulkan angka  €413 juta sementara El Real €273 juta (termasuk €100 juta banderol Gareth Bale).

Tetapi di atas lapangan Madrid benar-benar mendominasi, mereka dengan nyaman memainkan bola meski tidak diperkuat Cristiano Ronaldo yang duduk manis di bench sebelum dimasukkan tujuh menit sebelum bubaran pertandingan.

SIMAK JUGA – Jose Mourinho: Gol Casemiro Harusnya Dianulir VAR!

Perdebatan soal gol pembuka Casemiro memang mengiringi kemenangan Madrid semantara Lukaku membuang banyak kans mencetak gol tetapi sekali lagi, penilaian Mourinho tepat. Real punya skuat yang lebih baik dan lebih piawai memainkan si kulit bulat.

Dan pada akhirnya pada percobaan kelima melawan Real Madrid, Jose Mourinho belum berhasil mencatatkan kemenangan atas tim yang pernah dibesutnya.