Inilah Pembagian Pot Undian Fase Grup Liga Champions 2017/18

32 tempat di babak utama Liga Champions kini telah terisi penuh, dengan Inggris mendominasi lewat lima klub menyusul kelolosan Liverpool.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Seiring tuntasnya fase play-off, 32 tempat di babak grup Liga Champions 2017/18 kini telah terisi penuh dengan Liga Primer Inggris mendominasi melalui lima klub peserta.

Liverpool akan kembali berlaga di panggung utama Eropa menyusul Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, dan Manchester United (lolos sebagai juara Liga Europa) setelah mengeliminasi wakil Jerman Hoffenheim dengan kemenangan agregat 6-3.

Serie A Italia diwakili tiga tim seturut keberhasilan Napoli mengatasi Nice dari Prancis. I Partenopei selalu menang dua gol tanpa balas dalam dua pertemuan dan dipastikan menemani Juventus dan AS Roma yang sudah lolos otomatis ke fase grup.

HASIL LENGKAP PLAY-OFF LIGA CHAMPIONS

Sementara itu, sejarah tercipta dengan kelolosan Qarabag. Mereka menjadi klub Azerbaijan pertama yang mampu melaju ke babak utama Liga Champions. Itu dipastikan Qarabag berkat keunggulan agregat gol tandang atas kontestan Denmark FC Copenhagen.

Setotal sepuluh klub yang melewati play-off akan mengikuti undian bersama 22 tim lainnya yang telah otomatis tampil di pentas utama.

2017-08-04 Champions league trophy

32 klub peserta ini dibagi ke dalam empat pot berisikan masing-masing delapan tim. Pot 1 diisi juara bertahan dan juara liga dari tujuh asosiasi terbaik berdasarkan koefisien UEFA. Karena Real Madrid menjadi kampiun Liga Champions sekaligus La Liga Spanyol musim lalu, maka juara liga dari asosiasi terbaik kedelapan, yaitu Shakhtar Donetsk dari Ukraina, memperoleh jatah lungsuran untuk masuk pot 1. Adapun pot 2, 3, dan 4 dihuni 22 klub sisanya dan pembagian pot tergantung pada koefisien klub UEFA.

Acara drawing akan digelar di Monaco, Kamis (24/8) ini mulai pukul 23:00 WIB. Dari tiap-tiap pot diambil tim untuk menempati delapan grup babak penyisihan, tetapi klub-klub dari satu negara tidak dapat terundi dalam grup yang sama.

Pot 1Pot 2Pot 3Pot 4
Real MadridBarcelonaNapoliCeltic
Bayern MunichAtletico MadridTottenham HotspurCSKA Moskwa
ChelseaParis Saint-GermainBaselSporting CP
JuventusBorussia DortmundOlympiakosAPOEL 
BenficaSevillaAnderlecht Feyenoord 
MonacoManchester CityLiverpool Maribor 
Spartak MoscowPortoRoma Qarabag 
Shakhtar DonetskManchester United Besiktas RB Leipzig