Ini Keunggulan Statistik Timnas Indonesia Atas Malaysia

Meski kalah, Indonesia masih memiliki keunggulan secara statistik atas Malaysia.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Tim nasional (timnas) Indonesia dipastikan gagal lolos ke partai final SEA Games 2017. Itu setelah, mereka takluk dari tuan rumah Malaysia dengan skor tipis 1-0 di Stadion Shah Alam, Selangor, Sabtu (26/8) malam.

Gol tunggal kemenangan Malaysia dicetak melalui sundulan Nadarajah Thanabalan pada menit ke-87. Dengan demikian, Malaysia bakal berhadapan dengan Thailand pada partai final di Stadion Nasional Bukit Jalil, 29 Agustus mendatang. Sementara Indonesia akan melawan Myanmar pada perebutan medali perunggu.

Sementara itu, secara statistik, Indonesia tetap memiliki keunggulan atas Malaysia di laga tersebut. Di antaranya dari segi penguasaan bola.

SIMAK JUGA: SEA Games 2017: Thailand Melaju Ke Final

Tercatat, skuat asuhan Luis Milla menguasai bola dengan 52 persen berbanding 48 persen. Dari sisi tembakan ke gawang, kedua tim berimbang dengan masing-masing mampu melepaskan empat kali tendangan terarah. 

Selain itu, soal akurasi tembakan Indonesia unggul 40 persen berbanding 19 persen. Untuk total operan, Evan Dimas dan kawan-kawan mampu melepaskan 363 umpan dengan akurasi 77 persen, sedangkan Malaysia hanya 280 operan dengan tingkat akurasi 76 persen.  

SIMAK JUGA: Gol Telat Gagalkan Indonesia Ke Final

Soal pelanggaran, Indonesia masih lebih banyak melakukan pelanggaran sebanyak 18 kali, sedangkan Malaysia 13 kali. Menariknya, meski banyak pelanggaran yang dilakukan, wasit tak memberikan satu pun kartu di laga ini.

Kendati gagal melaju ke final, para penggawa timnas Indonesia dinilai sudah memberikan performa yang #GantengMaksimal. Sehingga jangan pernah surut untuk mendukung timnas Indonesia. 

Berikut statistik laga Malaysia kontra Indonesia:

Vaseline - Malaysia - Indonesia - Statistik Pertandingan