Ernesto Valverde Tak Ingin Terjebak Dalam Diskusi Pengganti Neymar

Valverde mengisyaratkan lebih suka mengganti Neymar dengan pemain yang dimiliknya saat ini ketimbang mencari pemain baru.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Hengkangnya Neymar ke Paris Saint-Germain, membuat Barcelona kini disibukkan untuk mencari pengganti sepadan bagi penyerang Brasil itu. Meski demikian, pelatih Blaugrana Ernesto Valverde enggan terjebak untuk terlalu fokus dalam diskusi tersebut.  

Neymar resmi meninggalkan Camp Nou pada pekan lalu setelah PSG menebus klausul pelepasannya sebesar €222 juta. Seiring kepergian Neymar, sejumlah kandidat pengganti mulai bermunculan seperti Philippe Coutinho (Liverpool), Ousmane Dembele (Borussia Dortmund), Paulo Dybala (Juventus), hingga Eden Hazard (Chelsea).

Namun, Valverde memberi isyarat bahwa dirinya lebih suka mengganti Neymar dengan pemain yang dimiliknya saat ini, seperti Gerard Deulofueu, Munir El Haddadi, Arda Turan, ketimbang mencari rekrutan baru.

SIMAK JUGA: Tiga Calon Pengganti Neymar

“Dia [Neymar] adalah pemain Barcelona yang hebat, tetapi dia sudah tidak berada di sini dan kami harus melihat ke depan. Saya tidak tertarik untuk melihat ke belakang. Kami harus melihat pemain yang kami miliki dan menyelesaikan masalah ini,” kata Valverde selepas timnya menang 5-0 atas Chapecoense dalam pramusim.

“Saat ini, saya memiliki sejumlah pemain di dalam im yang telah bermain baik di pramusim. Kita akan lihat bagaimana perkembangannya nanti. Kita tahu bahwa klub ini akan bergerak sesuai dengan perkembangan pasar. Saya fokus dengan apa yang saya miliki saat ini,” imbuhnya.

Valverde juga memberikan pujian kepada Deulofeu yang mampu mencetak satu gol dan dua assist ke gawang Chapecoense meski hanya tampil 45 menit. Bukan tidak mungkin jika pemain yang baru saja dipulangkan dari Everton lewat opsi buy-back ini bakal dipercaya sebagai pengganti Neymar.

Deulofeu Barcelona Chapecoense Gamper 2017

“Dia bermain mengalir, memiliki kecepatan, dan karakter yang bisa kami manfaatkan. Saya tidak ingin memainkannya lebih dari 45 menit karena dia belum terlalu fit,” katanya.

Barcelona akan melakoni laga kompetitif perdana di musim 2017/18 dengan menghadapi Real Madrid dalam leg pertama Supercopa de Espana pada Minggu (13/8) mendatang.