Ernesto Valverde: Barcelona Memasuki Periode Kelam

Valverde menyadari tak ada tim yang tak bisa dikalahkan dan Barcelona harus bangkit untuk mengakhiri masa kelam mereka.


OLEH    YUDHA DANUJATMIKA     Ikuti di twitter


Ernesto Valverde, pelatih Barcelona, mengatakan tidak ada tim yang tidak bisa dikalahkan di dunia ini. Adapun sang pelatih membenarkan fakta Blaugrana sedang menghadapi periode buruk.

Barcelona kalah 2-0 (agregat 5-1) dari Real Madrid di Piala Super Spanyol. Valverde menyadari rival abadi Barcelona itu unggul telak dan menuntut anak asuhnya untuk segera bangkit.

SIMAK JUGA – Madrid Kampiun Piala Super Spanyol

“Tak ada tim yang tak terkalahkan – jika ada kepastian di olahraga ini, itu adalah kekalahan pada akhirnya,” ungkap Valverde.

“Apa yang kami butuhkan untuk menang, pastinya, adalah akurasi. Kami tak punya masalah dalam mengakui kualitas rival. Madrid bermain lebih bagus dari kami, terutama di laga kedua, bukan yang pertama.”

“Kami telah kehilangan gelar ini, itu benar. Kadang-kadang, mereka mampu mengawali dengan baik, terutama di awal babak pertama dan babak kedua kami tidaklah terlalu bagus.”

“Kami punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan, tapi kami tidak memanfaatkannya. Kami telah dihukum dalam kekalahan tersebut. Kami harus segera bangkit dari sudut pandang psiokologis karena La Liga akan dimulai. Piala Super adalah akhir dari pramusim, walau itu adalah gelar yang ingin kami menangkan. Kami harus melangkah. Kami tak punya pilihan lain.”

SIMAK JUGA – Pique: Barca Kalah Jauh dari Madrid

“Dalam dunia ini, segalanya bisa menjadi bukti. Setiap tim diuji hingga tahap tertentu dan kesulitan selalu datang. Ada beberapa hal di pramusim yang bisa memengaruhi keseimbangan yang pernah ada dalam tim. Kami harus membenahinya untuk menemukan keseimbangan lain.”

“Itulah tugas tim ini. Ini adalah periode yang sulit karena di tim besar, hal ini terjadi setiap kali Anda gagal menang,” tandasnya.