Dibungkam Vietnam, Timnas Futsal Putri Indonesia Gagal Raih Emas

Timnas futsal putri Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam pada laga terakhir SEA Games 2017.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Tim nasional (timnas) futsal Putri Indonesia dipastikan gagal mewujudkan untuk meraih medali emas SEA Games 2017. Itu setelah, mereka takluk dari Vietnam pada laga terakhir dengan skor tipis 2-1 di Stadion Panasonic, Shah Alam, Minggu (27/8).

Indonesia yang membutuhkan kemenangan guna menjaga kans untuk meraih emas mencoba tampil menggebrak lebih dulu. Namun upaya mereka kerap bisa digagalkan para pemain Vietnam.

Vietnam yang juga masih berpeluang untuk mendapatkan medali terus memberikan perlawanan. Namun hingga babak pertama berakhir, skor tetap tanpa gol.

SIMAK JUGA: Timnas Futsal Putri Indonesia Tahan Imbang Thailand

Memasuki babak kedua, para pemain Vietnam dan Indonesia tak mengendurkan serangan mereka. Namun Vietnam berhasil membuka skor lebih dulu lewat sepakan penalti Do Thi Nguyen. Skor pun berubah 1-0.

SIMAK JUGA: Timnas Futsal Putri Indonesia Permalukan Malaysia

Indonesia yang tertinggal satu gol mencoba tampil lebih menekan. Sebenarnya, Indonesia memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan setelah juga mendapatkan penalti. Sayang, eksekusi yang dilakukan Maulina Novryliani masih gagal berbuah gol.

Vietnam justru mampu memperbesar keunggulan mereka menjadi 2-0, melalui gol Trinh Nguyen Thanh Hang pada menit ke-30. Indonesia sendiri hanya bisa memperkecil kedudukan melalui gol yang dilesakkan Novita Murni Piranti. Skor 2-1, untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga pertandingan usai.

Menariknya, dengan hasil ini Indonesia dan Vietnam sama-sama mengoleksi poin tujuh. Selisih gol dan produktivitas gol kedua tim pun sama kuat. Di samping itu, kedua tim juga masih menunggu hasil laga antara tuan rumah Malaysia kontra Thailand yang baru akan digelar pada petang ini.

Itu supaya mereka mendapatkan kepastian terkait bakal meraih medali atau tidak. Saat ini, kans terbesar untuk meraih medali emas berada di tangan Thailand.

Malaysia sendiri jika ingin meraih emas harus bisa menang minimal dengan selisih 11 gol. Tentunya itu bukan hal yang mudah, mengingat kekuatan Thailand saat ini.