Claude Makelele: Real Madrid Rumah Zinedine Zidane

Mantan rekan setim Zidane ini memuji kemampuan sang allenatore menangani tim bertabur bintang seperti Madrid.


EKSKLUSIF   GOAL     


Impak besar yang diberikan Zinedine Zidane sejak mengambil alih Real Madrid bukan sebuah kejutan bagi Claude Makelele, yang menyanjung koneksi antara sang pelatih dan para pemain bintangnya.

Zidane mengonfirmasi akan memperpanjang kontrak di Santiago Bernabeu hingga 2020 mendatang, setelah Los Blancos menjadi tim pertama yang memenangkan Liga Champions format baru dua kali beruntun.

“Semua orang mengatakan [pencapaiannya] gila. Bukan itu, ia adalah manajer hebat!” kata Makelele, yang menjadi tandem Zidane di Madrid dan timnas Perancis saat keduanya masih aktif sebagai pemain, kepada Goal.

SIMAK JUGA: “Zidane Mirip Guardiola”

“Ia memahami sepakbola, ia memahami para pemain. Ia menempatkan dirinya di level yang sama seperti mereka.

“Ia bilang kepada mereka, saya tidak dapat mengajari Anda [menjadi seperti saya], hanya secara taktik Anda butuh ini, butuh ini, butuh ini. Dan tentu saja, pemain memahaminya.

“Ia juga memberikan Ronaldo kebebasan untuk main. Ia mengatakan Anda memiliki kualitas; hanya secara taktik, Zidane lebih menjelaskan beberapa hal.

“Kadang Anda tidak mendapat hasil, tapi itu wajar. Sepakbola tidak hanya soal menang setiap saat. Para pemain memberinya segalanya, tidak ada yang memikirkan diri sendiri.

“Tidak mudah [menukangi Real Madrid] tapi ini rumah untuknya. Ini adalah kepemimpinan.”