Claude Makelele: N'Golo Kante Kebanyakan Lari

Eks gelandang Chelsea ini menyarankan penerusnya untuk lebih cerdas dalam membagi energinya di lapangan.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Nama N’Golo Kante identik dengan sosok gelandang yang selalu aktif bergerak di lapangan selama 90 menit non-stop. Ia akan berlari tanpa kenal lelah untuk merusak serangan lawan dan tak segan melakukan tekel agar bola kembali dikuasai timnya.

Peran kotor yang diemban Kante itu mampu melambungkan Leicester City dan timnya saat ini, Chelsea, dalam menjuarai Liga Primer Inggris dua musim terakhir. Penghargaan Pemain Terbaik PFA di musim lalu menjadi penegasan bahwa pesepakbola dengan tipe bermain seperti Kante bisa menjadi sosok krusial dalam tim.

Meski demikian, Kante tidak lantas bebas kritik. Eks gelandang Chelsea yang juga kompatriot Kante, Claude Makelele, merasa Kante sebetulnya masih bisa terus berkembang. Karakter bermain seperti itu memang penting bagi tim, namun Makelele meminta Kante untuk sedikit melakukan modifikasi gaya bermain.

SIMAK JUGA: Kante: Sapu Bersih Gelar Musim Depan!

“N’Golo Kante adalah pemain bagus. Sulit untuk menemukan pemain yang suka berlari untuk mengejar bola ke segala arah seperti dirinya. Ia bahkan mau berlari untuk [mengkover] rekannya. Ia juga cerdas dan serius. Ia juga memiliki orang-orang di sekelilingnya yang akan membantunya terus berkembang,” kata Makelele kepada Goal UK, Kamis (23/8).

“Namun ketika dirinya bertambah tua, cara bermain seperti itu akan menyulitkannya. Ia tidak akan bisa berlari seperti itu lagi selama 90 menit. Suatu hari nanti, Ia harus mengubah gaya bermainnya. Ia harus lebih cerdas dalam mengambil keputusan, dia harus lebih sekektif saat berlari.”

“Jika tim bermain empat hari sekali, baik itu di Liga Primer, Piala FA, dan Liga Champions, ia mungkin harus mengurangi intensitas berlarinya. Namun masalahnya, Chelsea merekrutnya untuk melakukan hal spesifik itu [terus berlari sepanjang laga]. Penting baginya untuk memahami bagaimana menghemat tenaga,” jelasnya.