Arsene Wenger: Transfer Neymar Bikin Sepakbola Lampaui Batas Rasionalitas

Manajer Arsenal itu menyebut dunia sepakbola tidak lagi masuk akal setelah PSG berupaya merkerut Neymar dari Barcelona seharga €222 juta.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI  


Manajer Arsenal Arsene Wenger merasa tawaran €222 juta dari Paris Saint-Germain untuk merekrut Neymar dari Barcelona telah membuktikan sepakbola kini  bukan lagi industri yang rasional.

Pada Rabu (2/8), Barcelona mengonfirmasi bintang Brasil itu ingin meninggalkan klub dan kabarnya ia telah lolos tes medis di Porto untuk meresmikan kepindahannya ke PSG.

Pihak La Liga Spanyol menolak upaya pengacara yang mewakili Neymar membayarkan biaya untuk mengaktivasi klausul pelepasannya pada Kamis (3/8). Tapi transfer yang akan memecahkan rekor transfer dunia itu kemungkinan masih akan terwujud, meski kekhawatiran hal tersebut akan melanggar aturan Financial Fair Play yang UEFA terapkan.

SIMAK JUGA: Apa Yang Bisa Anda Beli Dengan Banderol Neymar?

Wenger merasa transfer itu adalah konsekuensi dari maraknya investor kaya yang mengambil alih kepemilikan klub, seperti PSG yang dikuasai QSI, suatu bagian dari Qatar Investment Authority .

Manajer berusia 67 tahun itu tidak terkejut melihat ada tawaran bernilai lebih dari €200 juta hanya satu tahu setelah Manchester United memecahkan rekor transfer dunia usai menebus Paul Pogba dari Juventus dengan biaya €105 juta.

Arsene Wenger Arsenal

“Bagi saya ini adalah konsekuensi dari kepemilikan klub. Itu telah mengubah dunia sepakbola secara keseluruhan dalam 15 tahun terakhir,” ujar Wenger di sesi konferensi pers saat ditanya terkait transfer Neymar, seperti dikutip dari Goal Internasional .

“Saat suatu negara memiliki klub, segalanya bisa terjadi, sehingga saat ini menjadi semakin sulit menghormati aturan Financial Fair Play. Itulah mengapa saya selalu berharap agar sepakbola hidup dari sumber dayanya sendiri.”

SIMAK JUGA: La Liga Spanyol Tolak Pembayaran €222 Juta Untuk Neymar

“Kita tidak lagi berada di periode saat Anda berpikir ‘jika saya menginvestasikan ini, saya akan mendapatkannya kembali.’ Saat ini kita lberada di situasi yang ebih dari itu. Angka yang ada saat ini melibatkan passion , kebanggaan, dan ketertarikan publik yang besar. Anda tidak bisa lagi merasionalkan itu.”

“Saat ini nampaknya inflasi terjadi semakin cepat. Kita telah melewati angka 100 juta untuk pertama kalinya tahun lalu dan hanya satu tahun kemudian kita melewati angka 200 juta.”

“Ketika Anda berpikir Trevor Francis adalah pemain pertama yang bernilai £1 juta [di sepakbola Inggris pada 1979], dan itu nampak tidak beralasan, Anda bisa menyadari seberapa jauh kita melangkah dan betapa besarnya sepakbola saat ini. Ini di luar perhitungan, melampaui rasionalitas,” ungkap manajer asal Prancis itu.