WAWANCARA: Fernando Morientes Beberkan Persaingan La Liga Spanyol 2017/18

Fernando Morientes membicarakan peluang Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, …dan Valencia, dalam persaingan La Liga musim 2017/18.


WAWANCARA EKSKLUSIF TASUKU OKAWA     ALIH BAHASA OLEH   AGUNG HARSYA


Mantan striker Real Madrid dan Valencia, Fernando Morientes, muncul di Jepang dalam rangka laga ekshibisi J.League World Challenge antara Kashima Antlers dan Sevilla pekan ini.

Kedatangan Morientes dan Sevilla mengusung misi La Liga Spanyol yang menatap dengan serius ekspansi ke Asia. Selain Jepang, Indonesia menjadi salah satu pasar kunci bagi La Liga dengan kedatangan Espanyol untuk menghadapi Persija Jakarta dalam laga persahabatan baru-baru ini.

Goal Jepang mendapat kesempatan khusus mewawancarai Morientes. Pria 41 tahun yang dikenal berkat duet mautnya bersama Raul Gonzalez itu pun membeberkan berbagai pendapatnya tentang persaingan di La Liga musim 2017/18. Secara khusus, El Moro mengungkapkan harapan agar Valencia bisa sejajar dengan para raksasa seperti Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid.

SIMAK JUGA: Kapan Bursa Transfer Ditutup?

GOAL: Bagaimana pendapat Anda tentang Sevilla yang menghadapi Kashima, apalagi mereka baru saja merekrut Nolito?

MORIENTES: Sevilla memainkan sepakbola atraktif. Mereka punya pelatih baru [Eduardo Berizzo], jadi saya belum tahu. Tapi, seperti tahun lalu, mereka akan tetap memainkan sepakbola menyerang. Berizzo memahami betul La Liga, jadi mereka akan bermain seperti tahun lalu.

Saya rasa Nolito akan menjadi pemain yang paling dikenal, tapi mereka juga mendatangkan lagi Ever Banega dari Internazionale dan dia akan memainkan peran sentral dalam tim. Pemain kunci lain adalah Steven N’Zonzi yang memiliki kemampuan destruktif. Wissam Ben Yedder juga pantas diwaspadai. Namun, tidak hanya pemain, Sevilla tim yang menakjubkan yang mampu bersaing memperebutkan gelar.

Siapa tim yang Anda rasa akan menjuarai La Liga?

Valencia. Mereka tidak bermain bagus musim lalu, jadi saya harap ada kemajuan. Menanggalkan peluang merebut gelar juara secara realistis, saya berharap Valencia yang menang. Anda tak pernah tahu apa yang terjadi dalam sepakbola. Saya rasa Madrid, Barcelona, Atletico, kemudian Valencia.

Siapa pemain yang harus diwaspadai di La Liga dan Valencia?

Di Valencia, saya punya harapan tinggi pada Dani Parejo. Begitu pula dengan Simone Zaza yang hanya bermain separuh musim, tapi saya harap kini dia bermain bagus dengan bermain semusim penuh. Di La Liga, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan juga Vitolo.

SIMAK JUGA – Xavi: Lionel Messi Ibarat Robot Khusus Sepakbola

Bagaimana pendapat Anda tentang Madrid musim ini?

Filosofi Madrid tidak berubah. Menyerang dengan banyak pemain dan mempertaruhkan risiko di pertahanan. Mereka punya banyak pemain bagus. Zinedine Zidane akan melakukan hal yang sama seperti musim lalu. Tidak banyak perubahan dalam susunan tim inti. Ada beberapa pemain baru seperti Jesus Vallejo dan Dani Ceballos, tapi mereka masih muda. Saya pikir mereka akan bermain seperti musim lalu.

Para pemain seperti James Rodriguez serta Alvaro Morata meninggalkan tim. Ada posisi untuk diisi pemain baru?

Sebagai pengganti James, ada Ceballos. Namun, untuk Morata, mungkin mereka akan merekrut pemain baru. Bursa transfer masih terbuka, jadi akan ada banyak rumor. Apapun, Madrid tim yang sangat kompetitif. Setidaknya mereka punya dua pemain bagus untuk posisi yang sama, jadi seharusnya Madrid baik-baik saja. Untuk James dan Morata, ada Piala Dunia di depan mata, jadi mereka ingin bermain untuk timnas masing-masing. Mungkin itu yang mendorong mereka pindah.

Bagaimana dengan Marco Asensio? Apakah dia membutuhkan kesempatan di tempat lain?

Tidak, dia harus bertahan. Dia sudah banyak bermain dan dia tipe pemain yang pantas bermain untuk Madrid. Kompetisinya memang ketat, tapi dia bisa bekerja keras dan saya rasa Zidane menyukainya. Dengan kepergian James dan Morata, sekarang ada peluang untuknya dan saya ingin melihatnya lebih banyak bermain.

SIMAK JUGA: Halaman Khusus Sepakbola Spanyol

Ada nama pemain yang direkomendasikan untuk dibeli Madrid?

Untuk posisi Morata, masih bisa diisi Cristiano atau Karim Benzema. Asensio di kiri, jadi bukan dia yang mengisi posisi Morata. Ada rumor tentang Kylian Mbappe, tapi dia belum akan meninggalkan AS Monaco, dia masih muda. Saya rasa dia ingin menambah pengalaman satu tahun lagi. Jadi, saya pikir Zidane akan memasang Benzema dan Cristiano di depan. Asensio akan lebih banyak bermain di kiri.

Bagaimana pendapat Anda tentang Zidane?

Sama seperti saat dia masih bermain, dia tenang dan punya visi yang sangat jelas. Dia ingin menunjukkannya di level manajemen. Perbedaan antara pemain dan pelatih adalah Anda perlu berpikir dan mempelajari strategi serta aspek teknik [selaku pelatih], dan saya rasa dia sudah bekerja dengan baik.

Apakah ada momen menghebohkan yang Anda punya tentang Zidane?

Tidak ada momen khusus, tapi dia seorang pemain hebat dan banyak yang bisa dipelajari darinya. Dia sangat tenang, jadi tidak banyak kehebohan tentang dirinya.

SIMAK JUGA: Real Madrid Tak Cari Pengganti Alvaro Morata

Bagaimana dengan Barcelona dan pelatih baru mereka, Ernesto Valverde?

Setelah Luis Enrique meninggalkan klub, banyak rumor beredar. Valverde punya catatan sangat baik bersama Athletic Bilbao dan paham betul soal La Liga serta Barcelona. Dia tidak perlu belajar dari nol dan punya potensi. Tim tidak banyak berubah, jadi saya pikir Luis Suarez, Neymar, dan Messi akan kembali memimpin mereka.

Pendapat Anda tentang rumor Neymar dan Paris Saint-Germain?

Saya kira itu hanya rumor. Tidak akan terjadi.

Apa yang diperlukan Barca untuk menjadi juara?

Barca tidak bermain buruk, tapi kalah pada pertandingan penting dan tak mampu bangkit. Alasan Madrid bisa menjadi juara adalah karena terus menang secara konstan. Saya kira konsistensi penting untuk musim yang baru nanti.

Lalu, apa pendapat Anda tentang Atletico?

Untuk Atletico, Vitolo baru saja bergabung dan itu berkesan buat saya. Mereka membangun kekuatan selama delapan hingga sepuluh tahun terakhir dan menjadi sekuat Barca atau Madrid. Mereka memenangi gelar juara La Liga dan dua kali menembus final Liga Champions. Mereka tim yang sangat penting di La Liga. Valencia juga tim yang sangat tradisional di Spanyol, meski mungkin tidak menjadi juara, saya harap mereka bermain sebaik tiga tim tersebut.