Transfer Bernilai £34 Juta Ke Chelsea Berdampak Positif Bagi Klub Masa Kecil Antonio Rudiger

Kepindahannya ke Chelsea ternyata turut memberikan tambahan uang untuk mantan klubnya di Berlin, itu terjadi berkat kebijakan yang berlaku di Jerman.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Kepindahan Antonio Rudiger dari AS Roma menuju Chelsea yang bernilai £34 juta pekan lalu ternyata turut membuat klub amatir dari kota Berlin, yang mendidik sang bek sebelum menjadi pesepakbola profesional, mendapatkan suntikan dana.

Koresponden Goal untuk Chelsea Nizaar Kinsella melaporkan uang sejumlah £354.000 akan dibagi ke tiga klub amatir yang pernah Rudiger perkuat di level junior. Klub-klub itu adalah SV Tasmania Berlin (2002-2005), Neukollner Sportfreunde 1907 (2005-2006), dan Hertha Zehlendorf (2006-2008). Pembayaran itu disebut sebagai “ausbildungsentschädigung” berasal dari bahasa Jerman yang berarti “kompensasi pendidikan”.

SIMAK JUGA – RESMI: Chelsea Tuntaskan Transfer Antonio Rudiger

Jumlah uang tersebut mungkin tidak terlalu besar jika dibanding total transfer sang pemain, tapi itu bisa menjadi dana yang sangat bermanfaat bagi para klub amatir. Masing-masing klub akan mendapatkan jumlah uang sesuai dengan periode mereka mendidik bek berusia 24 tahun itu.

Rudiger meninggalkan sepakbola amatir saat berusia 15 tahun, ia bergabung dengan Borussia Dortmund tapi ia dianggap tidak cukup bagus di sana. Bek serba bisa itu kemudian bergabung dengan Stuttgart. Klub tersebut yang kemudian melepasnya ke AS Roma dengan nilai transfer £12 juta, dan menghabiskan dua musim karirnya di sana.

Kesepakatan yang membawa Rudiger ke Chelsea bernilai £30,5 juta ditambah bonus £3,5 juta tergantung performa sang pemain. Dari total uang tersebut ada bagian yang akan diberikan untuk para klub amatir Jerman yang mendidiknya dan juga Stuttgart yang akan menerima sekitar £2,2 hingga £3,5 juta.

SIMAK JUGA – Antonio Rudiger: Level Chelsea Di Atas AS Roma

Setelah dikurangi bagian untuk klub-klub Jerman tersebut, Roma maksimal bisa menerima £30 juta. 

Rudiger berpeluang melakoni debut membela Chelsea di laga kontra Bayern Munich Selasa (25/7) atau Inter Milan Sabtu (29/7) dalam ajang pramusim International Champions Cup di Singapura.