Thomas Muller Kaget Dengan Belanja Gila-Gilaan Liga Super Tiongkok

CSL terus menggelontorkan dana besar untuk mendatangkan pemain, dan bintang Bayern ini terkejut progres liga tersebut.


OLEH    EKSKLUSIF 


Thomas Muller mengaku terkejut dengan pesatnya pertumbuhan Liga Super Tiongkok, setelah banyak klub yang menggelontorkan dana besar untuk memboyong pemain.

Pemain seperti Paulinho, Hulk bahkan Oscar berhasil didatangkan ke Negeri Tirai Bambu, sementara Pierre-Emerick Aubameyang pun sekarang dihubungkan dengan transfer €80 juta dari Borussia Dortmund.

Muller, yang hanya mencetak sembilan gol untuk Bayern Munich musim lalu, menilai besarnya nilai belanja di Tiongkok membuat pasar transfer kini makin tak bisa diprediksi, namun ia juga mengklaim CSL mengalami peningkatan signifikan.

“Jumlah pemain yang diangkut dari Eropa sungguh luar biasa,” katanya kepada Goal. “Saya memahami ini, seseorang ingin meningkatkan liga tersebut, tentu saja.

SIMAK JUGA: Bayern Tuntut Muller Lebih Produktif

“Dan karena butuh perjalanan panjang dari Eropa ke Tiongkok, seseorang tentu saja harus menemukan argumen pemain mana yang ingin berusaha. Secara umum, liga ini sudah cukup bagus.

“Sekarang ada pemain top di beberapa tim. Tapi seratun persen saya tidak dapat memprediksi situasinya.”

Lebih jauh, Muller juga yakin tim nasional Tiongkok akan diuntungkan dengan banyaknya pemain bintang yang main di liga domestik.

“Secara khusus, Tiongkok harusnya memiliki potensi besar,” imbuh Muller.

“Hanya karena jumlah orang yang tinggal di sana.. dan seperti yang saya perhatikan, banyak yang telah dilakukan untuk sepakbola dalam beberapa tahun terakhir, bahkan dari sisi politik. Karena itulah, dalam sepuluh tahun ke depan, bisa diharapkan muncul pemain top Tiongkok.”