Susunan Tim Terbaik Euro U-21

Goal merangkum deretan pemain terbaik yang muncul selama gelaran Euro U-21 dan menyusunnya ke dalam sebuah tim.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Gelaran final Euro U-21 tahun ini telah resmi berakhir dengan Jerman keluar sebagai kampiun setelah meraih kemenangan tipis 1-0 atas Spanyol.

Spanyol lolos ke final setelah mengandaskan perlawanan Italia di semi-final berkat hat-trick bintang Atletico Madrid, Saul Niguez. Sementara Jerman harus melalui drama adu penalti lawan Inggris di babak yang sama.

Bekuk Spanyol, Jerman Kampiun Euro U-21

Goal merangkum deretan pemain yang menampilkan kualitas terbaik mereka sepanjang berlangsungnya turnamen di Polandia. Siapa saja mereka?

Asensio Gagliardini Spain U21 Italy U21

JORDAN PICKFORD (Inggris): Kiper berusia 23 tahun tersebut secara mengejutkan jadi pemain termahal ketiga dalam sejarah Everton kala didatangkan pada 15 Juni kemarin, namun ia lantas membuktikan kualitasnya di turnamen ini dengan membawa Inggris melaju hingga semi-final. Penyelamatan penaltinya membuat timnya terhindar dari kekalahan lawan Swedia di laga perdana serta mencatatkan clean sheet saat bertemu Polandia.

JEREMY TOLJAN (Jerman): Toljan sudah memainkan lebih dari 50 pertandingan di Bundesliga bersama Hoffenheim, dan sang bek kanan sudah membuktikan kualitasnya. Ia menolak kans berkostum Amerika Serikat di level senior dan lalu menjadi andalan pasukan muda Jerman setelah penampilan bagusnya di Olimpiade 2016 lalu.

ALFIE MAWSON (Inggris): Bek muda Swansea City tersebut menjadi komando di lini belakang Inggris, membawa pengalaman matangnya dari Liga Primer. Setelah dikalahkan Jerman di semi-final, Mawson mengungkapkan ambisinya untuk bisa menjadi kapten tim senior Inggris dan performanya sejauh ini menunjukkan bahwa dirinya punya masa depan menjanjikan.

JESUS VALLEJO (Spanyol): Vallejo menghabiskan musim lalu sebagai pemain pinjaman di Eintracht Frankfurt, dan meski tak pernah tampil kompetitif bersama klub asalnya Real Madrid, ia merupakan salah satu pemain penjanjikan di Santiago Bernabeu. Tampil bagus di jantung pertahanan Spanyol selama turnamen, membantu timnya menyapu bersih fase grup dengan kemenangan hingga lolos ke final.

YANNICK GERHARDT (Jerman): Sudah pernah tampil bersama tim senior, pemain serba bisa Wolfsburg tersebut tampil sebagai bek kiri dan bukan posisi aslinya sebagai gelandang. Sama sekali tak canggung bermain di lini belakang, banyak membantu timnya saat menyerang dan memberikan opsi tambahan untuk sisi lebar lapangan.

SAUL NIGUEZ (Spanyol): Hat-trick di semi-final lawan Italia menjadi sorotan terbesar, tapi secara keseluruhan bintang Atletico Madrid itu juga memukau. Sudah pernah bermain bersama tim senior Spanyol dan final Liga Champions, Saul merupakan salah satu pemain paling berpengalaman di turnamen dan kualitasnya terbukti nyata.

NATHANIEL CHALOBAH (Inggris): Chalobah memainkan 10 laga bersama Chelsea musim kemarin dan penampilannya sebagai jangkar tim semakin membuka peluang besar bagi masa depannya. Ia merupakan sosok andalan Inggris sepanjang turnamen, membantu timnya tampil baik saat transisi bertahan ke menyerang.

FEDERICO BERNARDESCHI (Italia): Bernardeschi mencetak 11 gol musim kemarin dan melanjutkan performa positifnya di pentas domestik bersama dengan Italia dengan ia mencetak gol tunggal kemenangan Italia atas Jerman di fase grup. Winger Fiorentina itu juga mengemas gol semata wayang timnya saat kalah 3-1 dari Spanyol di semi-final.

SERGE GNABRY (Jerman): Salah satu rekrutan Bayern Munich pada musim panas ini, Gnabry membungkam para peragu dengan kinerja menawan bagi Jerman. Eks winger Arsenal itu mengemas gol di laga pembuka, tapi kontribusinya lebih dari sekadar itu dan sukses membantu Jerman menjadi juara.

BRUMA (Portugal): Portugal memang tersingkir di fase grup, tapi menutup kampanye dengan torehan tujuh gol. Bruma menyumbangkan tiga gol dari keseluruhan meski saat lawan Spanyol hanya berstatus sebagai pemain pengganti. Ia dipercaya sebagai starter saat lawan Makedonia dan membayar kepercayaan dengan torehan sepasang gol.

MARCO ASENSIO (Spanyol): Setelah mencetak gol di final Liga Champions bagi Real Madrid, Asensio menegaskan statusnya sebagai salah satu pemain muda terbaik di dunia. Hal itu dibuktikannya bersama Spanyol di laga pembuka turnamen dengan mengemas ha-trick saat timnya menang 5-0 atas Makedonia.

U21 Best XI