Revolusi Latihan, Hoffenheim Terapkan Teknologi Videowall

Hoffenheim melakukan gebrakan dengan menerapkan teknologi videowall yang digunakan untuk mengamati pergerakan para pemain saat berlatih.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Pelatih muda berbakat Julian Nagelsmann memperkenalkan teknologi videowall di tempat latihan Hoffenheim pada pekan ini.

Teknologi tersebut adalah sebuah layar raksasa berukuran 6m X 3m, yang didukung empat kamera – dua dari tower yang berada di atas tengah lapangan dan satu lainnya di masing-masing belakang gawang yang digunakan untuk menganalisa pergerakan para pemain secara real time.

Nagelsmann, yang di musim lalu suskes membawa Hoffenheim lolos ke ajang Liga Champions, memiliki kendali penuh akan videowall tersebut lewat iPad sehingga ia bisa memperbaiki posisi pemain dalam skema yang ia inginkan.

#tsg is the first Bundesliga club to test a video wall placed next to the training pitch https://t.co/zoJjehuwC0. pic.twitter.com/SNYuSfyCDD

— TSG Hoffenheim EN (@achtzehn99_en) July 6, 2017

SIMAK JUGA: Julian Nagelsmann Hanya Rela Tinggalkan Hoffenheim Demi Real Madrid

Nagelsmann mengatakan: “Jika sistem ini terbukti, kami bisa membebaskan pemain di sepanjang pertandingan, namun tetap menunjukkan mereka solusi,” ujarnya dikutip dari laman resmi Bundesliga.

“Untuk ini, saya punya iPad di tangan yang bisa saya gunakan untuk mengontrol kamera. Ketika saya menghentikan situasi [latihan], saya punya kesempatan untuk menjelaskan solusi dan masukan guna meningkatkan semua pemain lewat iPad.”

Teknologi videowall tersebut disebutkan masih dalam tahap uji coba, namun bukan tidak mungkin bakal dimanfaatkan ke depan jika benar-benar menghadirkan manfaat.