RESMI: Wayne Rooney Pulang Ke Everton

Penyerang 31 tahun ini menyudahi kariernya di Manchester United demi bisa pulang ke klub masa kecilnya.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Wayne Rooney dikonfirmasi telah pulang ke klub yang membesarkan namanya, Everton, setelah 13 tahun memperkuat Manchester United. Everton memberikan kontrak dua tahun kepada Rooney dan dikabarkan harus menebusnya dengan banderol £10 juta.

Dalam sepekan terakhir, United dan Everton terus bernegosiasi perihal transfer Rooney dan Romelu Lukaku. Lukaku dilaporkan sudah menyepakati kepindahannya ke United senilai £75 juta, namun Rooney-lah yang lebih dulu meresmikan kepulangannya ke Everton pada Minggu (9/7) ini.

SIMAK JUGA: Rooney Pakai Nomor 10 Di Everton?

Seusai diresmikan, Rooney mengaku girang karena ia telah menepati janjinya untuk memperkuat hanya dua klub di Inggris, yakni Everton dan United.

“Senang rasanya bisa kembali. Saya sangat antusias dan tidak sabar untuk bertemu dengan para pemain, berlatih, dan bertanding. Klub ini terus bergerak ke arah yang tepat dan harus bisa memenangi trofi,” kata Rooney seperti dikutip di laman resmi Everton.

Rooney merupakan jebolan akademi Everton yang sanggup mencuri perhatian dunia sejak namanya masuk ke tim utama The Toffees pada 2002 silam. Dalam periode pertamanya di Goodison Park itu, ia sanggup mencetak 17 gol dari 77 laga sebelum dilego ke United senilai £25,6 juta pada 2004.

Wayne Rooney Everton GFX

Bersama United, kariernya semakin berkembang dengan mampu memenangi sejumlah gelar, di antaranya lima Liga Primer Inggris dan satu Liga Champions. Rooney juga menjadi topskor sepanjang masa Setan Merah dengan koleksi 253 gol – status yang juga ia dapat di timnas Inggris. Sayang, Rooney jarang mendapat kesempatan bermain di musim lalu sebelum akhirnya memilih balik ke Everton.

Rooney menjadi rekrutan keenam Everton di musim panas ini setelah sebelumnya armada Ronald Koeman sudah berhasil mendatangkan Michael Keane, Jordan Pickford, Davy Klassen, Sandro Ramirez, dan Henry Onyekuru. Ia diyakini akan mengenakan jersey No.10 di Everton, mengambil alih nomor punggung Lukaku.