RADAR TRANSFER: Dani Ceballos

Real Madrid, Barcelona atau Juventus? Ke mana talenta menjanjikan Spanyol ini akan menentukan langkahnya?


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Bursa transfer musim panas ini banyak dihiasi dengan sejumlah rumor yang melibatkan pemain muda tak terkecuali Dani Ceballos. Gelandang Real Betis tersebut menjadi incaran sejumlah klub papan atas Eropa.

Salah satu momen yang membuat pemain berusia 20 tahun tersebut laris manis diincar adalah berkat performa bagusnya kala membantu Spanyol lolos hingga final Euro U-21 yang berlangsung di Polandia pada bulan lalu dan masuk ke dalam daftar susunan tim terbaik turnamen.

Dani Ceballos Butuh Dua Pekan Tentukan Masa Depan

Untuk menarik keluar Ceballos, yang sempat mengidap bronkitis saat masih belia hingga tak bisa melanjutkan kiprah di akademi Sevilla, dari Betis tidaklah sulit mengingat sang pemain hanya memiliki klausul rilis sebesar €15 juta. Jumlah yang tak sulit untuk ditebus para raksasa Eropa.

Sejak melakoni debut profesional pada 2014 lalu, Ceballos terus menjelma sebagai salah satu pemain vital di skuat Betis dan berkembang menjadi salah satu talenta menjanjikan yang dimiliki Spanyol saat ini.

Berposisi sebagai gelandang tengah, pemain yang mengenakan nomor punggung 10 tersebut piawai dalam mengatur irama permainan tim, menjaga kedalaman dan juga memiliki teknik serta akselerasi tinggi. Kekurangan yang paling tampak adalah kemampuan untuk membuka ruang, tapi masih bisa berkembang mengingat usianya yang masih sangat muda.

GFXID Dani Ceballos

Sejauh ini ada tiga klub yang sudah terang-terangan menunjukkan minat pada Ceballos. Real Madrid disebut berada di barisan terdepan meski Juventus sudah mengajukan tawaran €20 juta. Sementara Barcelona lebih menunggu situasi yang menguntungkan.

Madrid memang berpeluang besar mendapatkannya, meski begitu sang pemain akan menghadapi dua kemungkinan jika merapat ke Santiago Bernabeu. Hadir sebagai pelapis dengan menggusur eksistensi gelandang minim kontribusi seperti Mateo Kovacic atau menjalani masa pinjaman di klub asalnya, Betis sepanjang musim 2017/18.

Pindah ke Barcelona mungkin sedikit sulit terwujud, mengingat Ceballos pernah mengeluarkan beberapa komentar yang menyinggung martabat masyarakat Catalunya di masa lampau. Pun demikian dengan Juventus, karena kampiun Serie A Italia itu tak tampak serius meminatinya.

Betis sendiri masih berharap untuk bisa mencegah kepergian aset masa depan mereka pada musim panas ini dan kabarnya siap menjadikannya sebagai salah satu pemain dengan gaji termahal serta meningkatkan nominal klausul rilisnya. Kini, keputusan akhir ada di tangan Ceballos, ke mana dirinya akan melangkah dalam waktu dekat.

Dani Ceballos, Gelandang

Akhir Kontrak: Juni 2020

Peminat: Real Madrid, Barcelona, Juventus

Prediksi Transfer: Real Madrid (50%), Bertahan (30%), Klub lain (20%)