PT LIB Kembali Laporkan Perkembangan Liga 1 Ke PSSI

Sebelumnya, PT LIB telah membuat laporan kepada PSSI pada 15 Mei 2017.


OLEH   MUHAMMAD RIDWAN


PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana melaporkan evaluasi dari dua pekan pertandingan Liga 1 yang digelar selepas Idul Fitri kepada PSSI. Langkah ini dilakukan supaya kompetisi sepakbola kasta tetinggi Tanah Air tetap terjaga integritasnya. 

Direktur utama PT LIB Berlinton Siahaan, menuturkan sejauh ini pertandingan yang dilaksanakan berjalan dengan baik. Meski diakuinya ada sejumlah kendala yang terjadi karena banyaknya klub yang protes terhadap kepemimpinan wasit.

SIMAK JUGA: PSSI & PT LIB Dituding Abaikan Hak Anggota

Oleh karena itu, Berlinton menyebutkan pihaknya sengaja membuat laporan agar PSSI dapat mengambil sikap dengan hal tersebut. Akan tetapi, ia tidak mau menyebutkan apa saja yang dilaporkan pihaknya.

“Pada saat pertemuan 15 mei di kantor PSSI, dua hari setelah itu, kami dapat hasil dari PSSI. Mereka menjelaskan ada evaluasi soal perangkat pertandingan. Saat itu wasit dan assisten wasit di Liga 1 maupun Liga 2 yang dapat hukuman,” kata Berlinton di kantor PT LIB, Jakarta, Senin (10/7). 

“Di Liga 1 ada 10 orang yang dihukum. Kemudian Liga dua 2 ada 13 orang. Kami sebagai operator tetap kosentrasi terhadap perangkat pertandingan agar kami lebih menjaga dan meminimalisir agar tidak terjadi yang tidak diingankan. Kami LIB diberi evaluasi dalam perangkat pertandingan. Setiap pekan kami kasih rekomendasi dalam pertandingan.” 

“Jadi setelah lebaran ada pertandingan yang sudah dilakukan. Kami sebagai LIB, besok kami akan membuat satu laporan atas pertandingan tersebut,” ia menambahkan.

SIMAK JUGA: Robert Rene Alberts Anggap Kebijakan PSSI & PT LIB Lucu

Meski begitu, Berlinton menampik bila laporan yang diberikan tersebut isinya hanya kejadian yang buruk di Liga 1. Sebab, ia menuturkan dokumen yang diberikan pihaknya merupakan data menyeluruh dari 18 pertandingan yang telah dilaksanakan selepas lebaran. 

“Jadi jangan diartikan selama laporan yang selalu negatif, tetapi semua laporan kami paparkan, ingat bukan hanya perangkat pertandingan. Jadi bisa kami sampaikan besok,” ucapnya.

Footer Goal Indonesia Instagram