PSSI Minta Bantuan Dana Lebih Dari Rp60 Miliar Ke Kemenpora

Dana tersebut digunakan untuk semua kegiatan timnas Indonesia sepanjang 2017.


OLEH   MUHAMMAD RIDWAN


Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, menyebutkan pihaknya sudah menerima proposal yang diajukan PSSI untuk bantuan dana semua timnas Indonesia selama tahun 2017. Ia menyebut jumlah yang diminta induk sepakbola nasional puluhan miliar rupiah.

Menurut Gatot, angka yang diminta PSSI itu untuk menggelar berbagai persiapan timnas Indonesia. Mulai dari pembayaran pemain yang dipanggil, kemudian pemusatan latihan, hingga pertandingan uji coba.

SIMAK JUGA: PSSI Minta Bantuan Kemenpora Urus Izin Wasit Asing

Akan tetapi, Gatot menuturkan belum mengetahui bakal menyetujui nominal yang diminta PSSI atau tidak. Mengingat pihaknya harus terlebih dahulu melakukan kalkulasi terkait dana yang tersedia.

“Dana yang diminta lebih dari Rp60 miliar sepanjang tahun ini. Terserah masuknya (SK) di bulan apa. Untuk Asian Games, PSSI baru akan masukan pemusatan latihan tiga bulan jelang pembukaan Asian Games, atau tiga bulan sebelum 18 Agustus. Beberapa minggu sebelum itu, SK sudah bisa ditetapkan,” ujar Gatot.

SIMAK JUGA: PSSI Pastikan Dana Timnas Futsal Putra Indonesia Aman

“Setelah itu (SK) keluar, Prima sudah bisa menggelontorkan honor atlet kecuali pelatih asing,  karena tidak cukup kalau untuk bayar (Luis) Milla, untuk kebutuhan peralatan, untuk fasilitasi peralatan dan ketiga soal akomodasi,” tambahnya.

Sepanjang tahun ini, timnas Indonesia dari segala umur memang padat dengan agenda internasional. Mulai dari SEA Games 2017 buat timnas Indonesia U-22, kemudian kualifikasi Piala AFF U-18, hingga kualifikasi Piala Asia U-16.

Footer Goal Indonesia Instagram