PROFIL – Dani Ceballos: Ditolak Sevilla, Sekarang Galactico

Dengan harga murah, Real Madrid berhasil mendapatkan gelandang muda dengan masa depan cerah.


OLEH  Gunawan Widyantara     Ikuti di twitter


Bukan lagi kejutan, Real Madrid hari ini meresmikan pembelian Dani Ceballos dari Real Betis, bintang yang gemilang bersama Spanyol di Euro U-21 lawan Italia.

Pesepakbola berusia 20 ini dahulunya nyaris tidak bisa berkarier di atas lapangan hijau karena masalah pernafasan yang membuatnya gagal memenuhi standar yang ditetapkan oleh Sevilla.

Ceballos tidak putus asa, dia kemudian merapat ke Utrera, tim kota kelahirannya pada usia 13. Perlahan tapi pasti Ceballos bisa membangun lagi kariernya untuk kemudian menarik hati para pemandu bakat dari Real Betis. Sejak saat itu tidak ada kata mundur bagi Ceballos.

Ceballos PS FR

April 2014, Ceballos melakukan debut resminya bersama Betis di La Liga Spanyol, dia mendapatkannya ini tanpa pernah sekalipun memperkuat tim B. Ceballos melakukan debut dengan kisah ‘lucu’ karena mengenakan jersey bernomor 46 dengan nama ‘Ceballo’ di atasnya.

Kemampuan Ceballos mulai terasah ketika ditangani Julio Velazquez, pelatih pertama yang memberinya kepercayaan namun perkembangannya benar-benar melesat di bawah arahan Juan Merino.

Di musim berikutnya, Ceballos mencatatkan gol perdananya untuk Betis saat menang 2-0 atas Racing Santender di Segunda dan berhasil mengantarkan timnya kembali ke kasta tertinggi sepakbola Spanyol dengan mencatatkan 33 pertandingan plus lima gol. Sebagai penyempurna, di tahun yang sama dia berhasil menggondol medali emas bersama Spanyol di Euro U-19. Pada momen inilah nama Ceballos mulai menarik perhatian banyak pihak.

RESMI: Dani Ceballos Milik Real Madrid

Sejumlah tim mulai mengetuk pintu markas Betis untuk memboyong Ceballos namun Beticos bergerak cepat dengan memperpanjang kontraknya. Ceballos sontak jadi jutawan namun dia juga menyelipkan klausul bebas transfer seharga ‘hanya’ €15 juta, sebuah angka yang sangat rendah jika melihat potensi besar Ceballos dan betapa menggilanya klub-klub Eropa saat berinvestasi pemain baru.

Sedikit mengherankan, pelatih Real Betis Gustavo Poyet pada musim lalu kurang menaruh kepercayaan pada kemampuan Ceballos. Gelandang ini baru jadi starter pada awal November namun setelah Poyet dipecat, Ceballos kembali gemilang untuk mencatatkan 30 pertandingan beersama Betis hingga akhir musim. 

GFX ID - Statistik Dani Ceballos

Sekarang Ceballos berada di pelukan Real Madrid bersama ‘kakaknya’ Marco Asensio. Kedua pemain ini diketahui bisa bekerjasama dengan apik saat membela Spanyol. 

Asensio bahkan disebut ikut merayu Ceballos untuk merapat ke Real Madrid sejalan dengan upaya Espanyol yang juga tertarik menggunakan jasanya.

El Real jelas beruntung, mereka sekarang punya gelandang muda dengan masa depan cerah yang memiliki potensi besar, serba-bisa dan terpenting mendapatkannya dengan harga murah.

Footer Goal Indonesia Instagram