Piala Afrika Ubah Format

Mulai 2019, Piala Afrika diikuti oleh 24 tim peserta.


OLEH   AGUNG HARSYA     Ikuti @agungharsya di twitter


Konfederasi sepakbola Afrika (CAF) memastikan perubahan format Piala Afrika yang mulai diterapkan 2019.

Turnamen antarnegara benua Afrika itu akan mengikutsertakan 24 peserta, artinya terjadi penambahan delapan tim dari format yang berlaku saat ini. Keputusan diambil di dalam simposium CAF yang digelar di Maroko sepanjang pekan ini. Selain penambahan jumlah peserta, diputuskan pula penyelenggaraan turnamen digeser dari periode Januari-Februari menjadi Juni-Juli.

Keputusan itu meski memberikan solusi buat klub-klub Eropa yang kerap mengeluh karena pemain mereka dipanggil timnas masing-masing, tetapi menyisakan sebuah pertanyaan. Pemilihan negara tuan rumah mesti lebih selektif dengan mempertimbangkan suhu udara saat musim panas berlangsung.

Perubahan lain adalah penerapan sistem regional pada babak kualifikasi guna mengurangi hegemoni negara-negara Afrika Barat. Selain itu, CAF juga memutuskan turnamen antarklub seperti Liga Champions Afrika dan Piala Konfederasi CAF dimainkan sepanjang Agustus hingga Mei. Itu mengubah kebiasaan penyelenggaraan turnamen selama ini yang dimainkan sepanjang satu tahun kalender.