Pengalaman Berharga & Masa Depan Cerah Para Pemenang Allianz Junior Football Camp

Selain dilatih layaknya pemain profesional oleh para pelatih tim junior Bayern, AJFC juga membuka peluang mewujudkan masa depan yang lebih baik.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Program pengembangan diri remaja dengan menggunakan platform sepakbola dalam program Allianz Junior Football Camp (AJFC) sudah hadir di Indonesia sejak 2012. Para pemenang dalam kegiatan itu telah merasakan pengalaman berharga dan dampak positif bagi kehidupan mereka setelah mengikuti program tersebut.

Dalam lima edisi yang telah diselenggarakan, program yang terbentuk atas kerja sama Allianz dengan klub raksasa Bundesliga Jerman Bayern Munich itu sudah mengirim 13 peserta asal Indonesia ke Munich Camp di Jerman.

Selain mereka yang berangkat ke Jerman, ada juga puluhan peserta asal Indonesia lainnya yang turut merasakan dilatih layaknya pemain profesional oleh para pelatih tim junior Bayern di Asia Camp bersama remaja-remaja dari negara Asia lainnya. 

SIMAK JUGA: Allianz Junior Football Camp 2017 Akan Bawa Dua Talenta Muda Indonesia Ke Jerman

Haikal Nur Karim merupakan salah satu remaja asal Indonesia yang sukses menjadi pemenang AJFC 2016 dan berkesempatan mengikuti Munich Camp  tahun lalu. Ia pun berbagi pengalaman berharga bisa berangkat ke markas klub raksasa Bundesliga itu.

“Dengan mendapatkan ilmu dari pelatih FC Bayern yang sangat banyak memiliki pengalaman dan ilmu tentang bermain sepakbola, saya pun jadi ikut mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan belum pernah saya dapatkan sebelumnya,” kata Haikal di sela kegiatan seleksi AJFC 2017 di Jakarta, Sabtu (8/7).

“Adanya AJFC membuat saya mendapatkan sertifikat yang bisa memperbesar kemungkinan untuk masuk perguruan tinggi yang saya inginkan dan saya pun bisa dengan mudah mengikuti kegiatan sepakbola apapun,” ujar pemain Pelita Jaya Soccer School itu.

SIMAK JUGA: Jadi Pemenang Allianz Junior Football Camp 2016, Dua Remaja Indonesia Ini Berangkat Ke Munich

Haikal mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan kala menyaksikan Bayern bertanding secara langsung di Allianz Arena, ia bahkan sempat bertemu langsung dengan para pemain bintang dari klub yang telah 26 kali menjuarai Bundesliga dan lima gelar juara Liga Champions itu.

“Salah satu pengalaman paling berkesan adalah bisa menyaksikan langsung pertandingan Bayern menghadapi Werder Bremen di Allianz Arena. Saya bisa secara langsung melihat para pemain dan bahkan berjabat tangan dengan bintang seperti Franck Ribery dan Xabi Alonso.”

Haikal, Khoirul, pemenang AJFC
Haikal Nur Karim (kiri) dan  Khoirul Romadhon, pemenang AJFC edisi sebelumnya.

Selain Haikal, adapula Khoirul Romadhon yang merupakan salah satu pemenang AJFC 2013. Ia tidak berhasil berangkat ke Jerman namun terpilih untuk mengikuti Asia Camp di Phuket, Thailand.

Pengalamannya mengikuti AJFC telah membuka kesempatan baginya mengikuti seleksi di klub nasional dan mendapatkan beasiswa pendidikan.

“Menjadi pemenang AJFC 2013 memudahkan saya dalam pengikuti seleksi tim sepakbola nasional, dan saya berhasil masuk ke klub Persikota Tangerang. Saya juga memperoleh beasiswa sekolah menengah atas selama 3 tahun,” ujarnya.

Sama halnya dengan Khoirul, salah satu pemenang AJFC 2016 Agung Patara juga merasakan bagaimana program tersebut sangat bermanfaat bagi masa depannya. 

Agung Patara AJFC 2016
Agung Patara, peserta AJFC 2016 yang berhasil lolos ke Asia Camp di Bali.

Remaja asal Medan yang merantau ke Jakarta itu juga tidak berangkat ke Jerman, namun masuk dalam sepuluh peserta asal Indonesia yang mengikuti Asia Camp di Bali tahun lalu.

Kerja keras dan perjuangan pantang menyerah yang ia lakukan berbuah manis, keberhasilannya menjadi salah satu pemenang AJFC 2016 telah membuka jalan baginya untuk menjadi pesepakbola profesional dan mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

SIMAK JUGA: Aspek Terpenting Dalam Bermain Sepakbola Menurut Giovane Elber & Yeyen Tumena

“Sebenarnya saya sudah tiga kali mengikuti seleksi program ini, tapi baru bisa lolos di tahun 2016,” ungkap Agung.

“Setelah pulang dari Asia Camp di Bali saya banyak mendapatkan ilmu dari pelatih luar negeri, termasuk Giovane Elber [mantan penyerang Bayern]. Saya kemudian mendapatkan tawaran dari Bali United dan Persija Jakarta U-17. Saya memutuskan untuk memilih bergabung dengan Persija.”

Tidak hanya di bidang sepakbola, berkat AJFC Agung yang kini sedang menyelesaikan kuliah S1 di jurusan Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), juga telah berhasil mendapatkan beasiswa dari Uni Papua untuk melanjutkan studi S2 di Spanyol.