Laporan Pertandingan: Real Madrid 2-3 Barcelona

Meski hanya bertajuk laga pramusim, El Clasico tetap menghadirkan hiburan berkelas untuk publik Miami.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Barcelona berhasil mengklaim trofi International Champions Cup 2017 edisi Amerika Serikat setelah menumbangkan rival abadinya, Real Madrid, lewat skor ketat 3-2 di Miami, Minggu (30/7) pagi WIB.

Gol-gol dari Lionel Messi, Ivan Rakitic, dan Gerard Pique memastikan Barcelona menjadi penguasa El Clasico di pramusim. Sementara dua gol Madrid dibukukan Mateo Kovacic dan Marco Asensio. Bagi armada Zinedine Zidane, kekalahan ini menambah panjang hasil buruk mereka di pramusim setelah dihajar Manchester City 4-1 dan kalah adu penalti kontra Manchester United.

Kendati bukan laga kompetitif, baik Barcelona maupun Madrid sama-sama bermain ngotot serta menurunkan skuat terbaik mereka. Madrid hanya minus Cristiano Ronaldo dan Toni Kroos, sedangkan Barca tampil dengan kekuatan maksimal, termasuk memainkan Neymar yang santer diisukan bakal hengkang ke Paris Saint-Germain.

SIMAK JUGA: Soal Neymar, Barca Ingatkan PSG Pada FFP

Di tujuh menit pembuka, Barcelona yang dibesut pelatih anyar Ernesto Valverde langsung menunjukkan tajinya dengan sudah unggul dua gol. Messi membuka keunggulan di menit ketiga. Menerima umpan Sergio Busquets, Messi melewati hadangan Luka Modric sebelum menakukkan Keylor Navas dengan sedikit bantuan defleksi.

Segalanya kian menguntungkan Barca ketika Rakitic menggandakan skor empat menit berselang lewat sepakan keras yang bersarang di pojok gawang selepas menyambar umpan dummy antara Neymar dan Luis Suarez. Namun di saat laga tampak akan berjalan berat sebelah, Madrid mampu menghentikan momentum Barcelona.

Kovacic memperkecil keadaan di menit ke-15 lewat tembakan deras ke gawang Jasper Cillessen. Neymar dan Messi sempat nyaris memperbesar keunggulan, namun Madrid mampu menyamakan skor di menit ke-36 lewat sebuah serangan balik. Lewat kerjasama cantik dengan Kovacic, Asensio menuntaskan bola dengan tenang ke gawang Barcelona. Skor imbang ini bertahan hingga turun minum.

Lionel Messi Casemiro Real Madrid Barcelona ICC

Ivan Rakitic Neymar Luis Suarez Barcelona Real Madrid ICC

Barcelona kemudian mampu mengembalikan keunggulan mereka saat babak kedua baru berjalan lima menit. Memanfaatkan situasi bola mati, Gerard Pique berhasil menyambar umpan Neymar lewat sepakan voli yang tidak bisa dihadang Navas, 3-2.

Selanjutnya, Barcelona seharusnya bisa unggul 4-2 setelah menciptakan tidak kurang dari tiga kans. Neymar menyia-nyiakan peluang emas meski ia sudah melewati Navas, kemudian sepakan Suarez dimentahkan kiper Kosta Rika itu, dan tandukan Samuel Umtiti dihalau tepat di garis gawang.

Valverde dan Zidane kemudian merombak susunan pemainnya di pertengahan babak kedua. Isco menjadi pemain pengganti yang menonjol, dengan mampu menghidupkan kembali alur serangan Los Blancos, termasuk memaksa Cillessen berjibaku menyelamatkan tembakannya. Namun hingga laga usai, skor tipis 3-2 untuk Blaugrana tidak berubah.

Barcelona dan Madrid akan kembali bertanding untuk memperebutkan Piala Super Spanyol pada 13 dan 16 Agustus mendatang. Adapun El Clasico di La Liga Spanyol 2017/18 baru akan dihelat pada 20 Desember mendatang.

 

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-3): Navas, Carvajal, Varane (Vallejo 46′), Ramos (Nacho 46′), Marcelo (Theo 74’), Modric (Isco 46’), Casemiro (M. Llorente 74’), Kovacic (Ceballos 74’), Bale (Oscar Rodriguez 76’), Benzema (Mayoral 75’), Asensio (Vazquez 46’).

Barcelona (4-3-3): Cilessen, Vidal (Semedo 63’), Pique (Mascherano 73’), Umtiti (Vermaelen 63’), Alba (Digne 74’), Rakitic (Alena 73’), Busquets (Samper 74’), Iniesta (Roberto 46’), Messi (D. Suarez 63’), L. Suarez (Alcacer 63’), Neymar (Turan 73’).