Laporan Pertandingan: Persib Bandung 2-1 PSM Makassar

Persib mampu mengalahkan pemuncak klasemen Liga 1 dengan skor tipis.


OLEH   MUHAMMAD RIDWAN


Persib Bandung berhasil meraih kemenangan saat menjamu PSM Makassar pada pekan 12 Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (5/7) malam WIB. Armada Djadjang Nurdjaman tersebut menekuk tim tamu dengan skor 2-1.

Berkat kemenangan ini Persib hanya tertinggal empat poin dari PSM yang ada di pucuk klasemen mengemas 23 angka. Raihan ini juga menghapus torehan negatif setelah pada pekan sebelumnya mereka takluk dari Barito Putera 1-0. 

Babak pertama

Sejak peluit awal dibunyikan Persib langsung berinsiatif melancarkan serangan ke jantung pertahanan PSM. Umpan lambung dari sayap yang dilepaskan Atep serta Shohei Matsunaga masih mampu diamankan para pemain Juku Eja.

PSM tak tinggal diam dengan keadaan seperti ini. Juku Eja mencoba keluar dari tekanan yang diberikan Maung Bandung dengan mengandalkan serangan balik lewat kecepatan yang dimiliki Willem Jan Pluim serta M Rahmat.

Marquee player Persib Michael Essien, hampir saja membuka keunggulan buat timnya pada menit 25. Sayangnya, sundulan keras yang dilakukan Essien masih belum menemui sasaran yang tepat.

Setelah itu, giliran PSM yang memiliki kans untuk mencetak gol. Akan tetapi, umpan terukur yang dilepaskan Pluim buat Reinaldo Elias da Costa masih mampu diantisipasi secara baik oleh barisan belakang Persib.

Terus menyerang akhirnya gol yang ditunggu-tunggu Persib datang juga lima menit jelang laga babak pertama berakhir. Matsunaga mencatatkan namanya di papan skor usai memaksimalkan umpan dari Supardi Nasir. Skor 1-0 buat keunggulan Maung Bandung bertahan hingga jeda.

Babak kedua

Selepas jeda Persib masih memegang kendali jalannya pertandingan. Mereka terus berupaya untuk menggandakan kedudukan. Usaha yang dibangun Maung Bandung selalu mampu dibendung secara baik barisan pertahanan PSM.

Pada menit 55 Persib mampu memperlebar jarak dari PSM. Adalah kapten tim Atep yang mencetak gol setelah memanfaatkan umpan matang dilepaskan Achmad Jufriyanto yang dieksekusi sempurna dari dalam kotak penalti.

Unggul dua gol membuat Persib sedikit menurunkan tempo permainannya. Mereka lebih banyak bermain bola di daerah tengah sambil sesekali memberikan umpan jauh kepada para pemain sayap.

Sementara PSM yang tertinggal masih semangat mengejarnya. Anak asuhan Robert Rene Alberts tersebut mampu memperkecil keadaan di menit 77. Pluim menjebol gawang I Made Wirawan lewat tendangan jarak jauh yang dilepaskannya.

Jelang berakhirnya pertandingan kedua tim semakin intens melakukan aksi jual beli serangan. Tapi hingga wasit meniupkan peluit  tanda berakhirnya laga, skor 2-1 buat kemenangan Persib tak berubah. 

Susunan pemain kedua tim:

Persib Bandung: I Made Wirawan, Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Dedi Kusnandar, Kim Jeffrey Kurniawan, Atep, Michael Essien, Tantan, Shohei Matsunaga.
Cadangan:Cadangan: M Natshir, Jajang Sukmara, Wildansyah, Henhen, Hariono, Raphael Maitimo, Billy Keraf.

Pelatih: Herrie Setyawan (Asisten pelatih).

PSM Makassar: Syaiful, Zulkifli Syukur, Fathlul Rahman, Steven Paulle, Hamka Hamzah, M Arfan, Marc Klok, Willem Jan Pluim, M Rahmat, Reinaldo Elias da Costa, Ferdinand Sinaga.
Cadangan: Deny Marcel, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Reva Adi Utama, Nurhidayat, Rezky Pellu, Gozali Siregar.

Pelatih: Robert Rene Albrets.

Footer Goal Indonesia Instagram