Laporan Pertandingan: Indonesia U-16 0-1 Thailand U-16

Thailand dan Indonesia menyajikan permainan yang menghibur, namun Thailand mampu keluar sebagai pemenang.


OLEH    FARABI FIRDAUSY     Ikuti di twitter


Setelah ditahan imbang Myanmar pada laga pembuka Piala AFF U-15 2017, timnas Indonesia U-16 kembali gagal meraih kemenangan, di Stadion IPC Chonburi I, Selasa (11/7) malam.

Thailand sebagai tuan rumah bermain agresif, pun dengan Indonesia. Sayangnya, penyelesaian akhir yang kurang apik dari Garuda Asia membuat mereka harus menerima kekalahan.

Babak Pertama

Indonesia cukup baik memulai laga ini, serangan kerap dimotori oleh David Maulana. Pada menit ke-15, pemain asal PPLP Sumatera Utara itu melepaskan tendangan bebas yang bisa diamankan Anuchid Taweesri.

Dari kubu tuan rumah, pemain nomor 14 Phunawat Chote begitu lincah di lini tengah walau belum membahayakan. Indonesia kembali mendapat peluang pada menit 24′, namun Andre Oktaviansyah kurang tenang.

David begitu menonjol pada laga ini, pada menit 26′ ia coba melepaskan tendangan jarak jauh yang masih tipis melenceng di atas mistar. Beberapa menit kemudian, giliran Jiramet Janngam yang tendangannya melambung.

Setengah jam laga berlalu dan Ahludz Dzikri melakukan penyelamatan brilian dengan menepis tendangan jarak dekat Jiramet yang secara tiba-tiba masuk kotak penalti dan menyambut umpan rekannya.

Tinju dan kemudian tangkapan yang gagal dari Anuchid berbuah kemelut di kotak penalti Thailand, sayang saja sepakan Reza Fauzan hingga Nur Rahman masih bisa dibendung pemain Thailand. 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Tempo cepat ditunjukkan kedua tim pada babak kedua, ofisial dari Indonesia dibuat berang oleh kepemimpinan wasit. Itu ketika laju Miftahul Husyen dihentikan oleh pemain Thailand dengan sikut pada menit ke-46. Wasit meminta Fakhri Husaini tenang.

Menit 53′, Rendy Juliansyah yang tak nampak aksinya sepanjang pertandingan digantikan oleh Bagus Kahfi. Pemain bernomor 20 itu langsung menunjukkan eksistensinya dengan tendangan keras yang sayang membentur mistar.

Lima  menit kemudian, giliran sundulan Woragon Thongbai yang membentur mistar gawang Indonesia dan kemudian diblok oleh Reza Fauzan. Sundulan Thongbai lahir setelah umpan cantik dari pemain pengganti Suphanat Mueanta.

Determinasi tinggi diperlihatkan Bagus, lagi-lagi ia jadi ancaman bagi Thailand dengan tendangan kerasnya yang masih bisa diamankan kiper lawan. Bagus berlari kencang melewati tiga pemain, namun sayang usahanya tak berbuah gol.

Thailand berhasil membobol gawang Indonesia pada menit 65′, untung saja gol itu dianulir karena wasit menilai Pongpranod Kaewwichien offside. Indonesia pun akhirnya benar-benar kebobolan, pada menit 73′, oleh Suphanat yang bisa mengelabui bek Indonesia.

Tiga menit waktu tambahan, namun hal tersebut tak menolong Indonesia untuk bisa terhindar dari kekalahan. Skor 1-0 untuk Thailand bertahan hingga wasit Hoang Ngoc Ha asal Vietnam meniup peluit akhir.

Susunan Pemain

Indonesia: Ahludz Dzikri; Yudha Febrian, Ahmad Rusadi, Anjar Pradika, Reza Fauzan, David Maulana, Dwiki Aldama, Miftahul Husyen, Andre Oktaviansyah, Fadilah Nur Rahman, Rendy Juliansyah.

Thailand: Anuchid Taweesri; Kittichai Yaidee, Jakkrapong Sanmahung, Jiramet Janngam, Kittiphong Khetpara, Phunawat Chote, Pongsakorn Innet, Thanakit Thongsri, Sarawut Soawaros, Woragon Thongbai, Thittiphan Aeksiri.