Laporan Pertandingan: CS U Craiova 0-1 Milan

Milan, yang belum bisa memainkan sebagian besar pemain barunya, berhasil meraih kemenangan tipis saat bertandang ke markas klub asal Rumania tersebut.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI  


AC Milan mengawali perjuangannya untuk lolos ke fase grup Liga Europa 2017/18 dengan hasil positif. Akan tetapi mereka hanya mampu menang tipis dari Klub Rumania CS U Craiova pada laga leg pertama babk kualifikasi III Liga Europa.

Tim asuhan Vincenzo Montella sempat mendapat perlawanan sengit dari tim tuan rumah, namun mereka kemudian bisa mendominasi penguasaan bola dan unggul 1-0 dalam laga yang berlangsung di Stadionul Municipal, Jumat (28/7) dini hari WIB.

SIMAK JUGA: Rilis Skuat Untuk Laga Liga Europa, AC Milan Tidak Sertakan Leonardo Bonucci & Carlos Bacca

Montella menampilkan starting XI yang diisi empat rekrutan baru Milan di bursa transfer musim panas ini, mereka adalah Matteo Mussachio di posisi bek tengah, Ricardo Rodriguez sebagai bek kiri, Franck Kessie di lini tengah, serta Fabio Borini di depan.

Sementara itu Craiova tampil dengan dua sosok penting asal Italia. Sang pelatih Devis Mangia merupakan mantan pelatih timnas Italia U-21. Di barisan pemain mereka mengandalkan Fausto Rossi, mantan gelandang Juventus.

Milan mampu menciptakan peluang pertama di laga ini. Mereka mengancam melalui tendangan M’Baye Niang dari luar kotak penalti, namun bola yang mengarah ke tengah gawang masih bisa diamankan kiper lawan.

SIMAK JUGA: AC Milan Belum Bayar Biaya Transfer Leonardo Bonucci & Lucas Biglia

Craiova kemudian membalas dua menit berselang. Alexandru Ionut Mitrita, yang meneria umpan terobosan dari Alexandru Mihail Baluta, melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti namun masih bisa diselamatkan kiper Milan Gianluigi Donnarumma.

Rossoneri kembali berupaya menggempur pertahanan lawan. Mereka sempat mengancam lewat aksi Franck Kessie dan Patrick Cutrone namun belum ada yang bisa memecah kebuntuan.

Milan akhirnya berhasil membuka keunggulan di penghujung babak pertama. Mereka unggul lewat eksekusi tendangan bebas sang bek kiri baru mereka Ricardo Rodriguez pada menit ke-44.

1234 days after @KAKA another Ricardo scores in Europe with the Red and Black jersey #CraiovaMilan #UEL #weareacmilan pic.twitter.com/wkKXkrKCRo

— AC Milan (@acmilan) 27 July 2017

Memasuki babak kedua kedua tim kembali berbalas serangan. Milan kemudian memasukkan dua pemain barunya, Andre Silva menggantikan Borini sementara Andrea Conti mengisi posisi Ignazio Abate.

Rossoneri cukup mendominasi penguasaan bola sepanjang laga ini, 67 berbanding 33 persen, namun mereka tidak mampu menambah keunggulan. Tim tuan rumah terus berupaya menyamakan kedudukan lewat serangan balik namun lini pertahanan Milan mampu tampil solid.

Full Time / Fischio Finale
44′ Rodriguez #CraiovaMilan 0-1 #UEL pic.twitter.com/CVm7wvrdbx

— AC Milan (@acmilan) 27 July 2017

Di laga ini tim asuhan Montella total melepaskan 12 tembakan dan empat di antaranya akurat sementara Craiova berhasil melepaskan 10 tembakan namun hanya dua yang mengarah tepat ke gawang tim tamu.

Keunggulan 1-0 Milan tetap bertahan hingga laga usai. Meski hanya menang tipis, Rossoneri membawa pulang modal penting untuk menghadapi laga leg kedua yang akan berlangsung di San Siro, Jumat (4/8).