Laporan Pertandingan: Bali United 5-0 Barito Putera

Irfan Bachdim harus mandi lebih awal, tapi hal itu tak membendung kedigdayaan Bali United atas Barito.


OLEH    FARABI FIRDAUSY     Ikuti di twitter


Bali United dipastikan melesat ke posisi dua klasemen Liga 1 2017 setelah melahap Barito Putera 5-0 pada laga pekan ke-14, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (14/7) petang.

Parade lima gol disajikan Serdadu Tridatu meski harus bermain dengan sepuluh pemain tersisa karena Irfan Bachdim diganjar kartu merah. Total Bali United mengoleksi 25 poin, atau selisih dua dari PSM Makassar.

Babak Pertama

Bali United membuka serangan pada menit ketiga, ketika Nick van der Velden menerima umpan silang yang kemudian ia sepak ke gawang. Tapi sepakannya lemah dan mudah bagi Adhitya Harlan.

Pertahanan kedua tim cukup rapat dan ketat, ancaman dari Barito Putera tak begitu rutin hingga menit ke-20. Ada dari tendangan bebas Rizky Pora pada menit kelima dan sepakan jauh Dandi Maulana menit 18′.

Ketatnya kawalan pemain Barito di dalam kotak penalti cukup membuat anak-anak Bali United depresi. Adhit pun tampil sigap di bawah mistar, menit ke-22 Sylvano melepaskan tendangan keras yang melenceng.

Skema Barito yang tak menerapkan pemain dengan posisi yang tetap belum mampu menembus pertahanan Bali United hingga setengah jam laga berlalu. Tuan rumah juga sama sulitnya membongkar pertahanan Barito.

Menit 37′, Fajar Handika dianggap melakukan pelanggaran kepada Marcos Flores kendati kontak hanya minim. Bukan penalti, tapi tendangan langsung berjarak sejengkal dari kotak penalti, Fadil Sausu jadi eksekutor dan menjadi gol. 1-0.

Laga sempat terhenti dua menit pada menit ke-42, ketika Andhika Wijaya dan Rizky terlibat sedikit ketegangan. Ofisial dari kedua tim sempat naik pitam, namun kondisi kembali dingin dan wasit tak mengeluarkan kartu untuk kedua pemain.

Skor 1-0 untuk keunggulan Bali United bertahan hingga turun minum. Tendangan bebas Fadil dari jarak dekat yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Adhit menjadi pembeda di 45 menit pertama laga ini.

Babak Kedua

Lima menit paruh kedua berjalan dan Bali United melakukan kombinasi apik lewat Taufiq, Irfan Bachdim, Nick van der Velden yang kemudian diselesaikan dengan tendangan yang mengecewakan dari Fadil Sausu.

Sylvano Comvalius membobol gawang Barito pada menit 55′ setelah umpan silang Marcos Flores dilanjutkan dengan sundulan ke tiang jauh yang. Adhitya Harlan tak bisa menjangkau bola dan Barito pun tertinggal 2-0.

Petaka kembali terjadi bagi tim tamu lima menit kemudian, tendangan bebas Fadil tak bisa disapu bersih oleh pemain belakang Barito sehingga kemelut terjadi. Marcos Flores menyabet bola dan menjadikan skor 3-0 untuk Bali United.

Irfan harus mandi lebih awal pada menit 68′ setelah bereaksi terlalu keras kepada Douglas Packer. Irfan mencekik Packer usai mendapat tekel keras dari marquee player Barito itu. Wasit pun hanya memberi kuning kepada Packer.

Kalah jumlah pemain tak berarti Bali United tak bisa mencetak gol tambahan. Comvalius membukukan gol keduanya pada menit 78′ setelah menyambut bola muntah hasil tendangan bebas Fadil yang membentur tiang. 4-0.

Barito masih berusaha mencuri gol, tapi malah Bali United yang kembali mencetak gol melalui pemain pengganti I Nyoman Sukarja. Striker yang baru sembuh dari cedera itu melaju lewat sisi kanan dan dengan tenang mencetak gol kelima untuk Bali United.

Susunan Pemain

Bali United: Wawan Hendrawan; Andhika Wijaya, Agus Nova, Ahn Byung Keon, Dias Angga; Taufiq, Fadil Sausu, Marcos Flores, Nick van der Velden; Irfan Bachdim, Sylvano Comvalius.

Barito Putera: Adhitya Harlan; Dandi Maulana, Aaron Evans, Muhammad Rifqi, Valentino Telaubun; Dedi Hartono, Fajar Handika, Douglas Packer, Mathias Cordoba; Paulo Sitanggang, Rizky Pora.