Laporan Pertandingan: Arema FC 0–0 Borneo FC

Borneo FC harus menuntaskan laga dengan sepuluh pemain menyusul tandukan Diego Michiels kepada wasit.


OLEH   DONNY AFRONI


Arema FC gagal menutup putaran pertama Liga 1 2017 dengan kemenangan setelah dipaksa bermain imbang tanpa gol kala menjamu Borneo FC di Stadion Kanjuruhan, Minggu (30/7) malam WIB.

Hasil ini tidak mengubah posisi Arema di peringkat ketujuh klasemen sementara setelah mengumpulkan nilai 26. Sedangkan Borneo FC naik ke posisi sepuluh dengan poin 24.

Babak pertama

Arema yang tak ingin gagal mendulang poin penuh seperti di laga kandang sebelumnya menerapkan permainan agresif. Skema menyerang ini membuat Borneo FC hanya bisa bertahan.

Peluang diperoleh Arema ketika laga berjalan enam menit, namun sundulan Ahmad Bustomi masih bisa ditepis Muhammad Ridho. Selang enam menit kemudian, Arema nyaris membuka keunggulan, tapi bola tandukan Cristian Gonzales menghajar mistar gawang.

SIMAK JUGA: PREVIEW: Arema – Borneo 

Selepas laga berjalan 20 menit, Borneo FC mulai menebar ancaman. Pada menit ke-23, Terens Puhiri yang menerima umpan terobosan masuk ke dalam kotak penalti, dan melepaskan tendangan keras, tapi bola sepakannya melebar.

Arema kembali memaksa Ridho bekerja keras untuk menepis tendangan Esteban Vizcarra pada menit ke-26. Selang satu menit kemudian, Borneo FC membalasnya lewat tendangan keras Terens dari luar kotak penalti, tapi menghajar mistar gawang.

Peluang didapat Arema dan Borneo FC secara silih berganti. Borneo FC mengancam lebih dulu lewat Patrich Wanggai di menit ke-36, namun sepakannya dapat diamankan Kurnia Meiga. Pada menit ke-43, giliran Gonzales yang memperoleh kans, sayangnya ia tidak bisa menguasai bola dengan baik, walau berdiri bebas tanpa pengawalan. Skor imbang tanpa gol pun menutup babak pertama.

Babak kedua

Arema yang menemui jalan buntu sepanjang babak pertama langsung menggebrak pertahanan Borneo FC. Di lain sisi, Borneo FC tidak mengubah permainan dengan memperkuat lini pertahanan.

Hingga laga berjalan satu jam, tidak ada ancaman berarti yang mampu diberikan Arema ke sektor belakang Borneo FC. Sebaliknya, Borneo FC hanya mengandalkan serangan balik melalui kecepatan Terens.

SIMAK JUGA: Arema Pastikan Tak Rekrut Brent Griffiths

Peluang emas diproleh Arema pada menit ke-73. Berawal dari upaya Ridho memotong umpan yang ditujukan kepada Gonzales, namun bola terlepas. Vizcarra menyambar si kulit bundar, tapi melayang di atas mistar. Selang enam menit kemudian, Vizcarra kembali mendapat peluang, namun dapat digagalkan Ridho.

Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Arema sempat menghasilkan gol di menit ke-87. Hanya saja, gol ini dianulir wasit, karena Dedik Setiawan terperangkap off-side lebih dulu.

Menjelang laga berakhir, Borneo FC harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Diego Michiels diganjar kartu merah, karena menanduk wasit. Skor imbang tanpa gol ini pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Arema: Kurnia Meiga; Ahmad Alfarizi, Arthur Cunha, Syaiful Indra Cahya, Beny Wahyudi, Juan Pablo Pino (Dendi 59′), Adam Alis, Hendro Siswanto, Ahmad Bustomi (Dedik 64′), Esteban Vizcarra, Cristian Gonzales (Arif 87′).
Cadangan: Dwi Kuswanto; Junda Irawan, Ferry Aman Saragih, Hanif Sjahbandi, Dendi Santoso, Arif Suyono, Dedik Setiawan.

Pelatih: Aji Santoso

Borneo FC: Muhammad Ridho; Diego Michiels, Abdul Rahman, Kunihiro Yamashita, Matheus Lopes (Sultan 61′), Leonard Tupamahu, Abdul Aziz, Asri Akbar (Wahyudi 46′), Ponaryo Astaman, Terens Puhiri, Patrich Wanggai (Lerby 72′).
Cadangan: Nadeo Argawinata; Firly Apriansyah, Wahyudi Hamisi, Dody Alfayed, Sultan Samma, Habibi, Lerby Eliandry.

Pelatih: Ricky Nelson (caretaker)

 

Footer Goal Indonesia Instagram