Klub Vietnam Akhiri Kerja Sama Dengan Arsenal

Kerja sama antara HAGL dan Arsenal diakhiri setelah berjalan selama sepuluh tahun.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Klub Vietnam, Hoang Anh Gia Lai (HAGL) FC, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kerja sama mereka dengan salah satu klub besar Liga Primer Inggris Arsenal. Kemitraan kedua pihak sebelumnya sudah berjalan selama sepuluh tahun.

Kolaborasi antara Arsenal dan juara V-League 2003 itu diketahui dimulai pada 2007. Di mana mereka membangun Hoang Anh Gia Lai Arsenal JMG Academy.

Itu merupakan pusat pelatihan sepakbola pertama di Vietnam. Dengan adanya akademi itu, sebelumnya diharapkan bisa mencetak pemain berkualitas Vietnam yang nantinya bakal memperkuat timnas atau bisa berkarier di Eropa, terutama Arsenal.

SIMAK JUGA: Timnas U-16 Lupakan Juara Di Vietnam

Namun dalam perjalanannya, tampaknya belum ada satu pemain asal Vietnam yang mendapatkan kesempatan bermain di Arsenal ataupun trial di berbagai level. Vietnam sendiri memang sedang serius membangun sepakbola mereka. Terutama untuk level usia muda, agar bisa berbicara di pentas Asia.

SIMAK JUGA: Vietnam U-22 Uji Coba Lawan Bintang K.League

“Salah satu alasan utama penghentian kerja sama ini adalah pada kenyataannya setelah sepuluh tahun, belum ada satu pemain pun dari Vietnam yang bisa bermain untuk Arsenal di level manapun,” tulis laman resmi AFF.

Footer Goal Indonesia Instagram