Kapan Bursa Transfer Musim Panas 2017 Ditutup?

Tinjau tanggal deadline pasar transfer musim panas berbagai liga top dunia di sini!


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Belum lama berjalan, bursa transfer musim panas 2017 di belantika sepakbola Eropa telah menyajikan deretan transaksi wah nan mengejutkan melibatkan nama-nama top.

Klub-klub besar seperti Arsenal, Liverpool, dan Bayern Munich memecahkan rekor pembelian termahal mereka, sementara Chelsea juga dipastikan menempuh jalur yang sama setelah menyepakati penggaetan Alvaro Morata.

Lalu apakah rekor transfer termahal sejagat bakal pecah pula pada periode ini? Bukan mustahil nama Paul Pogba yang ditebus Manchester United €105 juta tahun lalu akan tergusur dari nomor satu.

Masih banyak waktu bagi segala pihak yang terlibat buat menggelar negosiasi mengingat bursa terkini masih jauh dari garis finis.

SIMAK JUGA: Chelsea Sepakati Transfer Alvaro Morata

Berdasarkan kalender jendela transfer FIFA, mayoritas liga domestik utama di Benua Biru bakal memungkas aktivitas jual-beli pemain pada tanggal yang sama. Bursa di Bundesliga Jerman, Liga Primer Inggris, Serie A Italia, serta Ligue 1 Prancis tutup pada 31 Agustus. Sedangkan La Liga Spanyol melangsungkan pasarnya sehari lebih lama.

Sejumlah liga Eropa lain punya tenggat yang jauh lebih lapang. Bursa di Super Lig Turki dibuka hingga 8 September, dan transaksi di Primeira Liga Portugal bahkan masih bisa dilakukan sampai 22 September!

Berbeda dari kebanyakan kompetisi lokal di Benua Biru, liga-liga di kawasan Amerika dan Asia justru tengah berada di pertengahan musim, dan jendela transfer terkini dapat diibaratkan “bursa Januari” di sana dengan jangka waktu yang relatif lebih singkat, kira-kira hanya sebulan.

Liga Super Tiongkok misalnya, sudah tuntas menggelar bursa musim panas dari 19 Juni hingga 14 Juli lalu, sementara transfer window di MLS berlangsung dari 10 Juli sampai 9 Agustus.

NegaraDivisi TeratasTanggal BukaTanggal Tutup
ArgentinaPrimera Division26 Juni17 September
BrasilBrasileirao20 Juni20 Juli
TiongkokSuper League19 Juni14 Juli
InggrisLiga Primer1 Juli31 Agustus
PrancisLigue 19 Juni31 Agustus
JermanBundesliga1 Juli31 Agustus
ItaliaSerie A3 Juli31 Agustus
MeksikoLiga MX14 Juni5 September
BelandaEredivisie9 Juni31 Agustus
PortugalPrimeira Liga3 Juli22 September
RusiaLiga Primer9 Juni31 Agustus
SpanyolLa Liga1 Juli1 September
TurkiSuper Lig17 Juni8 September
UkrainaLiga Primer1 Juli1 September
AS & KanadaMLS10 Juli9 Agustus