James Rodriguez Sang Pengembara: Dari Banfield Hingga Bayern Munich

Bayern Munich akan menjadi klub keenam dalam karir profesionalnya yang sejauh ini baru berlangsung sekitar sebelas tahun.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


James Rodriguez dipastikan akan melanjutkan karirnya di Bayern Munich musim depan. Kepindahan itu merupakan yang keenam bagi sang gelandang yang memulai karir profesionalnya pada 2006 tersebut.

Pada Selasa (11/7) gelandang serang berusia 25 tahun itu resmi meninggalkan Real Madrid untuk berlabuh di Bayern Munich sebagai pemain pinjaman selama dua musim ke depan.

SIMAK JUGA – RESMI: James Rodriguez Gabung Bayern Munich

Bintang asal Kolombia itu awalnya tiba di Santiago Bernabeu sebagai salah satu pemain yang bersinar di ajang Piala Dunia 2014. James sukses mencetak enam gol yang membuatnya menjadi top scorer di turnamen itu sehingga mendapatkan penghargaan sepatu emas.

Akan tetapi tiga tahun kemudian, James kesulitan mendapatkan tempat utama di Real Madrid yang ditangani Zinedine Zidane. Kini di Bayern ia akan bereuni dengan Carlo Ancelotti, pelatih yang membawanya berlabuh di Santiago Bernabeu.

Berikut adalah perjalanan karir James sejauh ini:

BANFIELD, 2008-10: 

James mengawali karirnya sebagai pesepakbola di akademi klub Kolombia Envigado. Ia mulai menjadi pemain profesional pada 2006. 

James Rodríguez Niño en Envigado

Pada musim 2007/08 James mulai bersinar ia berhasil membantu klubnya itu promosi ke kompetisi teratas di Kolombia. Keberhasilan itu membuat klub Argentina Banfield tertarik kepadanya.

SIMAK JUGA: Bayern Munich Rahasiakan Rencana Transfer James Rodriguez

James Rodríguez Banfield

Pada 2008 James pun mulai mengembara. Ia kemudian melakoni debut di tim utama Banfield pada 7 Februari 2009, dan 20 hari berselang ia sukses mencetak gol pertamanya untuk klub tersebut.

Bersama Banfield, James berhasil mempersembahkan gelar juara Arpertura di Divisi Primer Argentina 2009. Di tahun tersebut ia menjadi pemain andalan yang selalu bermain di setiap laga. Di usia 17 tahun ia tercatat sebagai pemain asing termuda yang sukses mencetak gol di kompetisi teratas Argentina.

PORTO, 2010-13:

James campen Porto supercopa 2012

Setelah bersinar di Banfield, James mencuri perhatian beberapa klub Eropa. Udinese sempat mengajukan tawaran namun ditola oleh klub Argentina itu.

James baru resmi hengkang dari Banfield setelah Porto menebusnya dengan harga €5,1 juta pada 6 Juli 2010.

Di Porto James kembali berhasil membawa klubnya meraih berbagai gelar juara. Ia membawa klub tersebut menjuarai Primeira Liga Portugal tiga musim secara beruntun, dan sukses meraih trofi Liga Europa 2011.

AS MONACO, 2013-2014:

James Rodriguez Monaco

AS Monaco yang kala itu baru saja sukses promosi untuk kembali berlaga di Ligue 1 Prancis, dan mulai mendapatkan kekuatan finansial tidak ragu menebus James dari Porto dengan nilai transfer mencapai €45 juta.

James kemudian berhasil mencatatkan 12 assist dan sembilan gol serta membawa Monaco finis sebagai runner-up Ligue 1 di bawah Paris Saint-Germain dalam satu musim karirnya di klub tersebut.

REAL MADRID, 2014-2017:

James Rodriguez Real Madrid

Setelah menjadi bintang timnas Kolombia di Piala Dunia 2014, Madrid berani mengeluarkan biaya sebesar €71 juta untuk mendatangkan James.

Dia kemudian mencetak 13 gol dalam musim pertamanya yang brilian, namun sayang kala itu ia diganggu masalah cedera patah metatarsal. 

Kedatangan Zidane sebagai pelatih Madrid di awal 2016 kemudian ternyata membuat James kehilangan tempat di tim utama.

Puncaknya, James bahkan tidak masuk dalam skuat Madrid, yang sukses mempertahankan gelar juara Liga Champions, di laga final Mei lalu. 

Sepanjang membela Madrid, James tercatat berhasil memenangkan beberapa trofi termasuk dua gelar juara Liga Champions dan satu trofi juara La Liga Spanyol

BAYERN MUNICH, 2017-

EMBED ONLY James Rodriguez Bayern Munich GFX

Sulitnya mendapatkan menit bermain reguler di Madrid pada akhirnya membuat James memutuskan untuk hengkang.

Setelah sempat dikaitkan dengan beberapa klub raksasa Eropa seperti Manchester United, Chelsea, Paris Saint-Germain hingga AC Milan, James kini akhirnya telah resmi berlabuh di klub juara Bundesliga Jerman Bayern Munich.

SIMAK JUGA – RADAR TRANSFER: James Rodriguez

Di usia yang baru 25 tahun, James masih punya waktu untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan membuktikan diri sebagai salah satu pemain terbaik dunia. 

Reuni dengan Ancelotti, pelatih yang cukup mengandalkan James saat masih sama-sama di Madrid, juga bisa menjadi salah satu hal positif yang akan membuat karirnya kembali bersinar.