Ini Mekanisme Undian Terbaru Cabang Sepakbola SEA Games 2017

Mekanisme undian yang digunakan sama dengan yang diterapkan pada SEA Games 2015.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Setelah mengundang polemik, akhirnya pihak Malaysia merevisi mekanisme undian cabang sepakbola SEA Games 2017. Sebelumnya, timnas Malaysia U-22 berhak memilih bakal masuk di grup manapun dalam proses undian pembagian grup. 

Namun hal itu mendapatkan banyak protes dari negara-negara peserta termasuk Indonesia. Hingga akhirnya, Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM), Majelis Olimpiade Malaysia (MOM), dan Panitia Lokal SEA Games 2017 Malaysia (MASOC) menggelar pertemuan untuk menyelesaikan masalah itu di Wisma FAM, 3 Juli lalu.

Hasilnya, mekanisme undian diubah menjadi seperti yang diterapkan pada SEA Games 2015 di Singapura. Dalam mekanisme baru itu, Malaysia selaku tuan rumah langsung ditempatkan di grup A. 

Sedangkan Thailand yang menjadi juara bertahan berada di grup B. Grup A sendiri bakal terdiri dari lima tim, sementara grup B dihuni enam tim.

SIMAK JUGA: CDM SEAG 2017 Yakin Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas

Selanjutnya, mekanisme undian ini akan dilaporkan ke AFC untuk mendapatkan pengesahan, yang nantinya bakal dilakukan pengundian pada 8 Juli mendatang.  Dalam undian tersebut, Indonesia akan diwakili manajer timnas Indonesia U-22 Endri Erawan dan wakil kepala Departemen Timnas PSSI Fanny Riawan.

SIMAK JUGA: Rezaldi Ogah Terbuai Oleh Panggilan Timnas U-22

“Diharap dengan pelaksanaan mekanisme baru undian ini, tiada lagi isu dimunculkan oleh negara-negara bertanding, dan acara sepakbola SEA Games 2017 dari 14 Agustus hingga 29 Agustus nanti dapat berlangsung dalam suasana penuh semangat keolahragaan,” tulis FAM, dalam laman resmi mereka.

Berikut mekanisme terbaru undian SEA Games 2017:

1. Sebanyak 11 pasukan terbagi dalam grup A yang terdiri dari lima tim, sementara grup B dihuni enam tim.

2. Tuan rumah yaitu Malaysia akan diletakkan dalam grup A di posisi A1, sementara juara bertahan Thailand akan diletakkan di grup B pada posisi B1.

3. Undian akan diawali dengan pot 1 yang terdiri dari tim Myanmar (medali perak SEA Games 2015) dan Vietnam (medali perunggu SEA Games 2015). Tim pertama yang dipilih nanti akan masuk grup A yaitu di posisi A2, sedangkan tim berikutnya akan masuk grup B di posisi B2.

4. Undian diteruskan dengan pot 2 yang di dalamnya terdapat Indonesia (posisi keempat SEA Games 2015) dan Singapura (posisi ketiga grup A SEA Games 2015). Tim pertama yang dipilih akan tergabung di grup A yaitu di posisi A3, sementara tim berikutnya akan masuk grup B di posisi B3.

5. Kemudian undian untuk pot 3 yang terdiri dari lima pasukan yaitu Kamboja (posisi keempat grup A SEA Games 2015), Laos (posisi keempat grup B SEA Games 2015), Filipina (posisi kelima grup A SEA Games 2015), Timor Leste (posisi kelima grup B SEA Games 2015) dan Brunei Darussalam (posisi keenam grup B SEA Games 2015). Tim pertama yang dipilih akan ditempatkan di posisi A4, diikuti B4 dan seterusnya A5, B5 dan terakhir B6 yang melengkapi undian.

Footer Goal Indonesia Instagram