Gianluigi Buffon: Juventus Tak Punya Tabu Di Eropa

Dua kali ke final UCL dalam tiga tahun terakhir adalah bukti pencapaian Juventus di level Eropa.


OLEH   DEWI AGRENIAWATI


Kegagalan di dua final Liga Champions dalam tiga tahun terakhir bukanlah pencapaian negatif bagi Juventus, ditegaskan kiper sekaligus kapten Gianluigi Buffon.

Meski mendominasi Serie A Italia dengan menjadi kampiun dalam enam musim konsekutif, I Bianconeri kalah di final UCL dari Barcelona pada 2015 dan Real Madrid di 2017.

Meski demikian, Buffon menegaskan Juve tidak memiliki tabu di level Eropa dan menembus final dua kali dalam tiga tahun terakhir adalah prestasi yang tak layak didiskreditkan. 

SIMAK JUGA: Parma Promosi, Buffon Girang

“[Laga di] Cardiff mengonfirmasi, tidak seperti yang orang pikirkan lima atau enam tahun lalu, Juventus tidak memiliki tabu Eropa,” ucap Buffon kepada TMW Radio dan Sky Sport Italia.

“Jika Anda menembus final dua kali dalam tiga tahun, itu artinya Anda tidak memiliki masalah besar. Satu-satunya masalah yang kami miliki adalah kalah di final, tapi juga benar, ketika Anda menembus level itu, Anda harus mempertimbangkan kekalahan.

“Saya pikir Juve memiliki dasar yang solid untuk terus bekerja dan itu meyakinkan kami serta fans kami. Pemain yang lebih berpengalaman di antara kami harus terus memberikan yang terbaik, cara yang telah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir, memungkinkan mereka yang datang mengekspresikan diri mereka sendiri sehingga kami semua dapat terus menggapai mimpi ini.”