Demi Neymar, Pemerintah Qatar Siap Turun Tangan

Para konglomerat yang duduk di pemerintahan Qatar dikabarkan siap turun tangan, untuk mewujudkan transfer Neymar ke Paris Saint-Germain.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Rumor segera hengkangnya bintang Barcelona, Neymar ke Paris Saint-Germain berembus semakin kencang seiring berjalannya waktu. Kabar terkini bahkan menyebut proses transfer sudah selesai.

Setelah diyakini sukes menjalin kesepakatan personal dengan penyerang 25 tahun itu, PSG disebut siap menebus banderol yang dipasang Barca di angka €222 juta. Namun usai manajemen Les Parisien mengkaji ulang pengeluaran pada rencana tersebut, terdapat suatu masalah.

SIMAK JUGA: Alves Bantah Bujuk Neymar Ke PSG

Seperti dilansir L’Equipe, petinggi PSG tidak yakin bakal sanggup menyeimbangkan neraca keuangan klub jika menggelontorkan dana hingga €222 juta. Apalagi mereka berencana menggaji Neymar €30 juta hingga €40 juta per musim.

PSG percaya mereka mustahil menghindari sanksi dalam aturan Financial Fair Play (FFP) dari UEFA, dalam tahun pembukuan pada 2018 esok. Perlu diketahui jika sampai PSG rugi di atas €30 juta pada momen penghitungan anggaran nanti, hukuman berat dari UEFA akan dijatuhkan.

Menyadari situasi tersebut perusahaan induk yang memiliki PSG, Oryx Qatar Sports Investments, yang kebanyakan diisi oleh para pemerintah Qatar, disebut siap turun tangan untuk membeli dan membayar gaji awal Neymar.

SIMAK JUGA: Transfer Neymar Ke PSG Selesai

Artinya PSG tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk transfer Neymar, karena status penjualan sang bintang akan dimiliki oleh sebuah perusahaan swasta, yakni Oryx Qatar Sports Investments itu sendiri.

Rencana itu bakal membuat PSG bisa jauh lebih leluasa membenahi situasi keuangannya, supaya tak terkena sanksi dari UEFA akibat FFP. Kedatangan Neymar ke Les Rouge-et-Bleu memang sangat penting bagi Qatar, untuk jadi duta sekaligus senjata utama mereka mempromosikan gelaran Piala Dunia 2022 esok.

Selain itu kualitas teknis Neymar dipercaya signifikan guna wujudkan impian PSG menjuarai Liga Champions, yang berpotensi jadi ajang promosi besar-besaran buat Qatar.