Buntut Suporter Ricuh, Borussia Dortmund Terima Sanksi

Hukuman ini juga akan membuat ruang gerak fans Dortmund untuk melakukan koreografi semakin menyempit.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Borussia Dortmund harus menerima sanksi untuk satu pertandingan Bundesliga Jerman sebagai buntut dari kericuhan fans mereka di final DFB-Pokal musim 2016/17.

Kamis (20/7) kemarin, Federasi Sepakbola Jerman (DFB) mengumumkan bahwa Dortmund harus membayar denda sebesar €95,000 setelah fans mereka menyalakan kembang api dalam laga yang digelar di Berlin.

Selain itu, fans Dortmund juga mendapat peringatan akan adanya hukuman larangan menghadiri partai tandang apabila mengulangi tindakan yang sama, dengan klub menjalani masa sanksi percobaan selama musim depan.

Borussia Dortmund Pastikan Pierre-Emerick Aubameyang Bertahan

“Suporter Dortmund sekarang hanya bisa melakukan koreografi [termasuk bendera dan spanduk raksasa] dengan izin terlulis dari klub,” demikian bunyi pernyataan DFB.

“Juga dengan laga tandang, BVB akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan tuan rumah soal koreografi. Jika ada penyimpangan, atau kembang api atau hal-hal lainnya yang tak sportif dalam koreografi, maka seluruh bentuk koreografi akan dilarang hingga akhir musim 2017/18.”

DFB juga menyatakan bahwa Dortmund terkena hukuma yang berkaitan dengan dua laga melawan Bayern Munich musim kemarin, namun sanksi tersebut dirasa Dortmund terlalu kejam dan disampaikan melalui pernyataan resmi.

“Fans BVB terkena ancaman, bersama dengan sejumlah hal lainnya, larangan memasuki staduin untuk laga tandang Bundesliga, sesuatu yang akan berdampak besar pada finansial,” sebut mereka.