Baru Dua Rekrutan, Jurgen Klopp Ambil Sikap Santai

Bagi Klopp, meningkatkan performa pemain yang sudah ada di skuat sama pentingnya dengan mendatangkan pemain baru.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter


Jurgen Klopp kembali menunjukkan sikap santai ketika ditanya seputar aktivitas belanja Liverpool di bursa transfer musim panas ini yang terbilang kurang gencar.

Di saat para rival seperti Manchester City, Manchester United, hingga Everton sudah membelanjakan lebih dari £100 juta untuk pemain baru, Liverpool baru meresmikan Mohamed Salah dari AS Roma dan Dominic Solanke dari Chelsea yang jika ditotal baru sekitar £40 juta.

Liverpool bukannya sepi isu transfer. Sejumlah pemain seperti Naby Keita (RB Leipzig), Virgil van Dijk (Southampton), dan Andy Robertson (Hull City) dilaporkan menjadi target utama The Reds. Namun sejauh ini Liverpool kesulitan mendapat buruannya itu.

SIMAK JUGA: 15 Pembelian Terbaik Liverpool

Menanggapi hal ini, Klopp mengaku tetap kalem dan ogah bersikap panik. Ia juga menekankan pentingnya untuk terus meningkatkan performa pemain yang sudah ada di skuat.

“Ini adalah bursa transfer. Terkadang segalanya berjalan baik, terkadang tidak. Tetapi saya tetap santai. Segalanya masih mungkin hingga 31 Agustus mendatang,” ungkap Klopp, Selasa (18/7).

“Semua orang berpikir bahwa meningkatkan kualitas tim hanya bisa dicapai dengan mendatangkan pemain baru. Tentu saja kami memanfaatkan bursa transfer, tetapi yang paling utama adalah bagaimana caranya untuk meningkatkan kualitas tim dengan pemain dari musim lalu.”

“Kabar baiknya, sejauh ini kami mampu mempertahankan pemain yang ingin kami pertahankan di musim panas ini. Saya berharap mereka bisa bermain lebih baik lagi ketimbang musim lalu,” imbuhnya.