RESMI: Borussia Monchengladbach Pinjam Youngster West Ham United

Bek berusia 18 tahun itu akan menjalani masa peminjaman selama satu musim di klub Bundesliga Jerman tersebut.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Borussia Monchengladbach telah resmi merekrut bek timnas Inggris U-20 Reece Oxford sebagai pemain pinjaman dari West Ham United.

Pemain berusia 18 tahun itu akan bergabung dengan klub Bundesliga Jerman itu hingga akhir 2017/18, pada paruh kedua musim lalu ia juga menjalani masa peminjaman di klub Divisi Championship (kompetisi kasta kedua Inggris) Reading.

SIMAK JUGA: Reece Oxford Segera Gabung Borussia Monchengladbach

DONE DEAL 18-year-old @Reeceoxford_ has joined #Borussia on a 1-year loan from @WestHamUtd! More: https://t.co/L6J05eqoBk pic.twitter.com/jH79uufQgd

— Gladbach (@borussia_en) 21 June 2017

Oxford menembus tim utama The Hammers pada musim 2015/16, ia melakoni debut di laga kompetitif saat masih berusia 16 tahun. Kala itu ia bermain di babak kualifikasi Liga Europa. Dia menjadi pemain termuda yang tampil membela tim utama West Ham sepanjang masa, dan kemudian juga tercatat sebagai pemain termuda kedua yang tampil sebagai starter di ajang Liga Primer Inggris.

Pemain kelahiran London itu tampil membela West Ham sebanyak 14 kali pada musim tersebut. Tapi ia gagal mendapatkan tempat di starting XI tim asuhan Slaven Bilic tahun lalu. Tapi Oxford tetap dipandang sebagai pemain yang memiliki prospek cerah.

Oxford telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan West Ham pada Desember 2016, sehingga kini terikat dengan klub hingga 2021. Bilic pun menyatakan senang sang pemain muda bersedia berkomitmen jangka panjang meski ia terus dikabarkan menarik perhatian klub-klub besar seperti Manchester United dan City.

SIMAK JUGA: Andreas Christensen Kembali Ke Chelsea

Oxford hanya bermain dalam dua laga di ajang Liga Europa musim lalu, tapi kini ia berharap bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman tampil di tim utama bersama klub yang finis di peringkat sembilan klasemen Bundesliga 2016/17, Gladbach.

“Reece Oxford telah bermain untuk Inggris di level junior dan dipandang sebagai salah satu bek muda terbaik di negara tersebut,” ujar direktur olahraga Gladbach Max Eberl kepada situs resmi klub.

“Peminjaman ini memberikan kami kesempatan untuk menambah pemain yang sangat menarik untuk skuat kami. Hal yang lebih penting lagi adalah kami memiliki pengalaman bagus saat merekrut para pemain muda dari klub Liga Primer Inggris.”

Oxford berpeluang menjadi pengganti Andreas Christensen. Bek tengah asal Denmark berusia 21 tahun itu akan kembali ke klub juara Liga Primer Chelsea musim depan setelah menjalani masa peminjaman di klub Bundesliga itu selama dua musim terakhir.