RADAR TRANSFER: Patrik Schick

Efisiensi dalam mencetak gol menjadikan Schick sebagai salah satu pemain yang paling diburu, lalu klub mana saja yang mengincarnya selain Juventus?


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Semusim yang lalu, mungkin banyak orang tak begitu mengenal nama Patrik Schick, bahkan di negaranya sendiri Republik Ceko. Sampdoria mendatangkannya dari Spatra Praha dengan banderol yang hanya €4 juta.

Tapi segalanya berubah kurang dari 12 bulan setelah kepindahannya, nama pemain berusia 21 tahun tersebut menjadi buruan sejumlah tim ternama Eropa di antaranya Juventus, Paris Saint-Germain, Inter, AC Milan, Liverpool, Arsenal hingga Tottenham Hotspur.

Pavel Nedved: Patrik Schick Mirip Zlatan Ibrahimovic

Mudah saja untuk mencari penyebab mengapa Schick menjadi salah satu pemain Serie A Italia yang paling diinginkan pada bursa transfer musim panas ini. Ketajamannya dalam mencetak gol menjadi alasan utama di samping kepiawaiannya dalam mengolah bola menggunakan kaki kiri sebagai kekuatan utama.

Jika melihat torehan golnya yang hanya 11 dari total 32 laga di liga domestik yang dimainkannya musim 2016/17, mungkin tak begitu mentereng untuk ukuran seorang striker. Tapi perlu diingat bahwa hanya 14 kali sang pemain tampil penuh sebagai starter dengan sisanya 18 laga lebih banyak bermain sebagai pengganti.

GFXID Patrik Schick

Catatan tersebut terbilang impresif bagi pemain yang hanya memiliki 1507 menit bermain selama semusim dan mampu mencetak gol dalam setiap 137 menit, bersama dengan Sampdoria, klub yang lebih kerap berkutat di papan tengah Serie A dan mengakhiri kampanye di urutan kesepuluh.

Kualitasnya tak perlu diragukan lagi, Sampdoria dengan cermat mencium bakatnya sejak di Sparta Prague. Schick terkenal dengan kemampuan dribelnya yang bagus tapi tidak mengandalkan teknik tinggi untuk melewati lawan melainkan menggunakan keseimbangan dan kontrol bola yang ketat. Demikian juga dengan atributnya sebagai penyerang, ia punya penenmpatan posisi dan insting ketajaman yang lebih kerap mencetak gol dengan akurasi ketimbang menggunakan tembakan-tembakan kencang.

Patrik Schick Selangkah Lagi Ke Juventus

Efisiensi penyelesaian peluang menjadi hal utama yang ditawarkan Schick kepada para klub peminat dengan sang pemain memiliki catatan 3.45 tembakan per gol, serta 60 persen akurasi tembakan yang merupakan terbaik di antara para penggawa Sampdoria yang minimal telah mengambil dua tembakan musim ini. Pun demikian dengan akurasi umpannya yang terbaik dengan mencapai angka 75 persen.

Semusim unjuk gigi di Serie A sudah cukup untuk membuat harganya melonjak. Juventus favorit untuk menjadi destinasi berikutnya bagi Schick dengan kampiun musim kemarin tersebut dilaporkan sudah mencapai kesepakatan dengan Sampdoria soal transfer senilai €30.5 juta. Angka itu sebenarnya lebih rendah ketimbang yang ditawarkan PSG sebesar €35 juta.

Partik Schick, Striker / Winger

Akhir Kontrak: Juni 2020

Peminat: Juventus, PSG, Inter, AC Milan, Liverpool, Arsenal, Tottenham

Prediksi Transfer: 75 persen ke Juventus