RADAR TRANSFER: Emil Forsberg

Gelandang asal Swedia tersebut menjalani musim yang impresif bersama RB Leipzig, sang raja assist Eropa itu pun jadi incaran beberapa klub besar.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI     Ikuti di twitter


RB Leipzig menjalani musim debutnya di Bundesliga Jerman dengan sangat mengejutkan. Tim asuhan Ralph Hasenhuttl itu mampu tampil impresif dan bersaing di papan atas klasemen, hingga akhrnya finis sebagai runner-up dan berhak tampil di fase grup Liga Champions musim mendatang. Tak heran para pemain kunci mereka kini menjadi incaran klub-klub besar Eropa.

Selain Timo Werner yang tampil tajam (total 21 gol sepanjang 2016/17) di lini depan dan Naby Keita yang tangguh di lini tengah, RB Leipzig memiliki pemain yang memiliki spesialisasi dalam hal menciptakan assist, Emil Forsberg.

Pada musim 2016/17 gelandang berusia 25 tahun itu mampu menciptakan 19 assist dan mencetak delapan gol di ajang Bundesliga.

SIMAK JUGA – ​RADAR TRANSFER: Naby Keita

Perolehan assist Forsberg musim lalu merupakan catatan yang impresif. Karena tidak ada pemain lain di lima liga top Eropa yang mampu menyamai jumlah tersebut. Pemain timnas Swedia itu pun disebut sebagai raja assist.

Setelah winger Bayern Munich Arjen Robben, Forsberg tercatat sebagai pemain yang paling sering masuk tim terbaik Bundesliga yang diumumkan setiap pekan sepanjang 2016/17.

Vidal. Bayern Leipzig Emil Forsberg

Forsberg juga berada di urutan kedua dalam catatan rekor assist terbanyak dalam satu musim di ajang Bundesliga. Hanya Kevin De Bruyne (2014/15) dan Zvjezdan Misimovic (2008/09) yang mampu mencatatkan 20 assist, saat itu keduanya masih bermain untuk Wolfsburg.

Forsberg punya kemampuan spesial dalam melepaskan umpan silang dan terobosan. Di ajang Bundesliga sepanjang 2016/17 ia mampu 94 kali menciptakan peluang untuk rekan-rekannya. Pemain yang telah 26 kali tampil dan mencetak lima gol untuk timnas Swedia itu juga memiliki kekuatan dalam melepaskan tendangan jarak jauh, mengeksekusi bola mati, dan melakukan dribel.

GFX ID - Emil Forsberg RB Leipzig

Performa Forsberg sebenarnya telah menjadi perhatian klub-klub besar Eropa sejak masih bermain untuk klub asal negaranya Swedia, Malmo.

Forsberg dilahirkan dari keluarga yang memiliki kedekatan dengan sepakbola di wilayah utara Swedia, Sundsvall. Kakeknya, Lennart, bermain untuk Sundsvall dan Djurgarden di kompetisi teratas Swedia pada era 1950-an. Sementara Ayahnya, Leif “Foppa” Forsberg bermain lebih dari 400 laga di ajang liga dan mencetak 150 gol untuk Sundsvall pada era 1980-an hingga awal 1990-an.

Jurnalis The Guardian Olof Lundh menuliskan Emil Forsberg sering menyaksikan Ayahnya berlatih, meski pada satu titik ia sempat merasa ingin fokus menekuni Hoki karena khawatir fisiknya terlalu kecil untuk bermain sepakbola

Akan tetapi Forsberg mampu menjadi salah satu talenta muda terbaik di tanah kelahirannya. Ia melakoni debut untuk tim utama Sundsvall pada 2009 ketika  masih berusia 17 tahun. Pada musim berikutnya ia bermain dalam 30 laga di ajang liga.

Setelah mencatatkan hampir 100 laga bersama Sundsvall ia hengkang ke Malmo dan sukses menjuarai liga Swedia dua kali dan bermain di ajang Liga Champions. Setelah itu ia menjadi incaran beberapa klub namun keputusannya bergabung dengan RB Leipzig cukup mengejutkan.

Emil Forsberg Carlos Tevez Malmoe Juventus

Pada Januari 2015 Forsberg resmi berlabuh di RB Leipzig, klub yang belum punya sejarah panjang. Klub milik perusahaan minuman berenergi asal Austria itu baru resmi berdiri pada 2009.

Namun Forsberg nampaknya tertarik dengan proyek klub yang berasal dari wilayah timur Jerman tersebut. Ia bergabug dengan nilai transfer yang diperkirakan hanya €3,7 juta.

SIMAK JUGA: RB Leipzig Bentengi Pemain Bintang

Ketika itu Forsberg mengatakan, “Orang-orang berkata tidak ada tradisi di klub ini dan fokus pada fakta mereka hanya ingin membangun sesuatu dengan uang.”

“Tapi jika Anda memiliki uang Anda bisa membeli para pemain dan manajer yang lebih baik. Jika Anda ingin sukses di sepakbola modern seperti itulah caranya. Lihat PSG, tidak sulit melihat kenapa mereka kini bisa meraih banyak kesuksesan,” ujar Forsberg seprti dikutip dari The Guardian.

Pada musim 2015/16 Forsberg tampil reguler sebagai pemain inti RB Leipzig . Ia 30 kali tampil sebagai starter dan mencatatkan delapan gol serta tujuh assist saat membawa klubnya finis sebagai runner-up Bundesliga 2. Posisi tersebut membuat mereka dipastikan promosi ke Bundesliga.

EMIL FORSBERG RB LEIPZIG 2. BUNDESLIGA 08052016

Setelah itu Forsberg mulai menjadi incaran klub Liga Primer Inggris Liverpool, tapi Leipzig langsung mengambil langkah untuk mempertahankan pemain andalannya itu melalui perpanjangan kontrak berdurasi lima tahun yang bernilai sekitar €3,5 juta per tahun.

Kini setelah menampilkan performa bagus di kompetisi teratas Jerman, Forsberg kembali dikaitkan dengan klub besar. Mereka adalah Arsenal dan AC Milan.

Forsberg mengambil keputusan yang mengherankan saat memilih berlabuh di RB Leipzig yang kala itu masih bermain di kompetisi kasta kedua Jerman.

Kini ia kemungkinan juga akan membuat keputusan serupa dengan memilih hengkang ke klub yang tidak lolos ke Liga Champions.

Dalam wawancara dengan Aftonbladet pada awal Juni 2017, Forsberg mengatakan bermain di Liga Champions bukanlah faktor penting baginya dalam memilih klub. Ia juga memuji Milan yang sedang menjalankan proyek besar untuk kembali berjaya di Italia dan Eropa setelah dikuasai konsosium asal Tiongkok.

SIMAK JUGA: Raja Assist RB Leipzig Tertarik Gabung AC Milan?

Milan hanya berhasil lolos ke Liga Europa musim depan setelah hanya finis di peringkat keenam klasemen Serie A Italia, tapi Forsberg tidak menutup peluang hengkang ke klub tersebut.

“[Milan] fantastis, klub besar. Terdapat proyek yang menarik di sana, mereka melakukan investasi besar dan ingin kembali berjaya,” ujar Forsberg.

“[Liga Champions] bukan faktor utama bagi saya. Pada akhirnya ini hanya tentang sepakbola. Saya ingin memiliki peran penting dalam tim, agen saya akan mengurus semua itu.”

Selain Milan, Forsberg juga dihubungkan dengan Arsenal yang juga tidak akan tampil di Liga Champions setelah hanya mampu finis di peringkat lima klasemen Liga Primer Inggris  2016/17. Tapi nampaknya The Gunners akan kalah bersaing dengan Milan yang sedang melakukan investasi besar untuk merekrut pemain demi membangun kekuatan baru.

Di bursa transfer musim panas ini setiap pemain yang dikaitkan dengan Milan selalu mencuri perhatian. Hingga pertengahan Juni 2017, Milan telah berhasil mendatangkan empat pemain. Mereka adalah Mateo Musacchio, Franck Kessie, Ricardo Rodriguez, dan Andre Silva.

Sadar Forsberg akan menjadi incaran klub-klub besar, RB Leipzig telah memperpanjang kontrak sang gelandang. 

Forsberg telah menandatangani perpanjangan kontrak berdurasi satu tahun dengan Leipzig pada Februari lalu sehingga kini ia terikat dengan klub tersebut sampai 2022.

Emil Forsberg, Winger kiri/Gelandang serang

Akhir Kontrak: Juni 2022

Peminat: AC Milan, Arsenal, Liverpool

Prediksi Transfer: 40 persen ke Milan