Ederson Punya Catatan Clean Sheet Mengesankan

Kiper anyar The Citizens tersebut punya rapor bagus dalam kampanye juara dua musim terakhir bersama Benfica.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Catatan statistik menawan yang ditorehkan Ederson Moraes dalam kariernya bersama tim utama Benfica rupanya menjadi pertimbangan khusus Manchester City untuk merekrutnya.

Seperti diketahui, The Citizens telah resmi mengumumkan bahwa pemain berusia 23 tahun itu jadi anggota baru mereka dengan nilai transfer mencapai £35 juta, membuatnya memiliki banderol sebagai kiper termahal di dunia.

RESMI: Manchester City Gaet Ederson

Kedatangan penjaga gawang asal Brasil tersebut diharapkan mampu menjadi solusi ampuh bagi masalah yang ada pada sektor di bawah mistar pasukan Pep Guardiola, dengan adanya inkonsistensi permainan Claudio Bravo.

Secara permainan, Ederson unggul segalanya saat tampil bersama dengan Benfica yang menjadi kampiun Liga Portugal musim ini. Ia menjadi pilihan utama pelatih Rui Vitoria yang menurunkannya sebagai starter sebanyak 27 kali, lebih dari dua kali lipat penampilan semusim sebelumnya.

GFX Ederson Manchester City

Dari total penampilan sebanyak itu, sang pemain yang belum pernah memperkuat tim nasional senior Brasil mampu membukukan 49 penyelamatan penting, sementara untuk torehan clean sheetnya juga tak kalah mengesankan dengan mencapai angka 17.

Jika ditarik jauh lebih ke belakang, Ederson mengumpulkan total 22 clean sheet sejak melakoni debutnya bersama skuat utama Benfica pada 2016 lalu. Sejak saat itu pula belum ada satu pun penjaga gawang di Liga Portugal yang mampu melampaui torehannya.

Hanya saja mungkin Guardiola nanti bakal lebih mengembangkan akurasi umpannya yang baru mencapai 70 persen atau tertinggal dua persen dari catatan semusim milik Bravo. Akurasi umpan menjadi hal penting dalam sistem permainan sang manajer yang membutuhkan kiper modern dengan kemampuan membangun serangan mumpuni dari belakang.