Andrea Pirlo: Juventus Juara Liga Champions, Gianluigi Buffon Pantas Raih Ballon D'Or

Jika sukses membawa Juventus mencapai kejayaan di Eropa, Buffon dinilai layak menjadi pemenang Ballon d’Or 2017.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam penghargaan Ballon d’Or selama hampir satu dekade terakhir barangkali akan berakhir pada tahun ini. Kiper Juventus Gianluigi Buffon menjadi pemain yang disebut-sebut paling berpotensi memutus rantai tersebut.

Eks gelandang Juventus yang kini memperkuat New York City FC, Andrea Pirlo, percaya jika hal itu akan terjadi, namun dengan satu syarat: Buffon mampu memenangi Liga Champions 2016/17.

SIMAK JUGA: Buffon Lebih Layak Raih BDO Ketimbang CR7

Sepanjang karier gemilangnya, Buffon telah memenangi sejumlah gelar bergengsi, termasuk delapan titel Serie A Italia dan satu Piala Dunia. Namun, kiper berusia 39 tahun itu masih diliputi rasa penasaran karena belum pernah mencium Si Kuping Lebar.

Buffon sebetulnya pernah dua kali mentas di final Liga Champions (2003 dan 2015) namun selalu berakhir dengan kekalahan. Ia tentu berharap bisa sukses di kesempatan ketiganya — dengan menantang Real Madrid di Cardiff pada Sabtu (3/6) — yang sekaligus akan melengkapi raihan treble Juventus di musim ini.

Buffon Juventus Serie A

Jika Juve menjadi kampiun Eropa, Buffon diyakini Pirlo juga akan otomatis merengkuh Ballon d’Or 2017. “Saya rasa begitu. Ini adalah tahun yang tepat bagi dirinya,” kata Pirlo seperti dikutip Corriere della Sera, Kamis (1/6).

“Saya bahagia dengan dirinya, karena dia kembali berkesempatan untuk mewujudkan target yang selama ini dia kejar. Saya akan sangat senang jika dia memenangi Liga Champions karena akan semakin membuktikannya bahwa dia adalah salah satu yang terbaik di dunia,” imbuhnya.

Andai sanggup memenangi Ballon d’Or, Buffon akan menjadi kiper kedua yang mampu memenangi penghargaan individual itu setelah kiper legendaris Uni Soviet Lev Yashin pada 1963.