Tinggalkan Athletic Bilbao, Ernesto Valverde Akan Jadi Pelatih Baru Barcelona?

Athletic Bilbao telah resmi mengumumkan pelatih mereka Ernesto Valverde tidak akan lagi menangani tim pada musim 2017/18.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Ernesto Valverde tidak lagi menangani Athletic Bilbao musim depan, spekulasi yang beredar ia akan segera diumumkan sebagai pelatih baru Barcelona.

Sebelum menjalani periode keduanya mealtih Athletic pada 2013, Valverde sudah pernah menjadi pelatih klub asal Basque itu pada 2003 hinga 2008. Musi ini ia membawa Athletic finis di posisi ketujuh klasemen La Liga Spanyol 

Saat Barcelona belum juga memastikan siapa pelatih baru mereka – pengumuman dijadwalkan akan dilakukan 29 Mei – Valverde telah menjadi calon kuat untuk jadi pengganti Luis Enrique yang pada Maret lalu telah mengumumkan akan hengkang dari Camp Nou di akhir musim ini.

SIMAK JUGA: Barcelona Bantah Telah Dekati Pelatih Athletic Bilbao

Valverde, yang juga punya pengalaman sebagai pelatih Valencia dan Villarreal dalam karirnya, akan menghadiri konferensi pers di San Mames pada Rabu (24/5) bersama presiden Athletic Josu Urrutia.

Ernesto Valverde no continuará como entrenador del primer equipo https://t.co/s5PglMB2Wq #athletic

— Athletic Club (@AthleticClub) 23 May 2017

“Ernesto Valverde tidak akan melanjutkan pekerjaannya seabgai pelatih tim utama Athletic Club pada musim 2017/18,” tulis pernyataan resmi Athletic pada Selasa (23/5).

Pelatih berusia 58 tahun itu pernah memperkuat Barcelona saat masih menjadi pemain. Tepatnya pada periode 1988 hingga 1990. Pada rentang waktu tersebut ia sukses meraih gelar juara Copa del Rey, dan Piala Winner UEFA meski lebih sering menjadi pemain cadangan.

Valverde kemudian pindah ke Athletic, di sana ia menghabiskan sebagian besar karir bermainnya sebelum pensiun di Mallorca pada 1997.

SIMAK JUGA: Pekan Depan, Barcelona Umumkan Pelatih Baru

Setelah itu ia menjadi staf pelatih di Athletic hingga akhirnya menjadi pelatih kepala di sana pada 2003.

Pada 2006 Valverde pindah ke Espanyol dan membawa klub tersebut menjadi runner-up Piala UEFA 2006/07, lalu ia sukses meraih tiga gelar juara Liga Yunani bersama Olympiakos. Ia juga pernah menangani Villarreal dan Valencia sebelum kembali melatih Athletic.

Valverde adalah pelatih yang sukses membawa Athletic menang agregat 5-1 atas Barcelona di ajang Supercopa de Espana pada 2015, dan kini nampaknya ia kan menjadi pelatih baru klub yang pernah ia kalahkan itu.