Terdegradasi, Sunderland & David Moyes Bercerai

The Black Cats kini harus mencari manajer baru setelah Moyes memilih mengundurkan diri dari jabatannya.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Sunderland, klub yang telah terdegradasi dari Liga Primer Inggris, mengonfirmasi pengunduran diri manajer mereka, David Moyes.

The Black Cats dipastikan turun kasta ke divisi Championship sejak April lalu dan mengakhiri musim 2016/17 di peringkat buncit klasemen. Di laga pamungkas musim pada akhir pekan lalu, Sunderland takluk 5-1 dari sang juara liga Chelsea.

SIMAK JUGA: Klasemen Liga Primer Inggris

Moyes awalnya menegaskan ingin bertahan di Stadium of Light. Namun, eks bos Manchester United dan Everton itu akhirnya berubah pikiran menyusul pertemuannya dengan pemilik klub Ellis Short di London pada Senin (22/5).

“Saya membujuk David Moyes untuk bertugas selama beberapa waktu ketika penunjukannya pada musim panas lalu. Oleh karena itu, pengumumannya ini cukup menyulitkan semua orang di klub,” kata Short dalam pernyataan resminya.

“Setelah bekerja keras di sepanjang musim ini untuk menghindari degradasi, David memutuskan untuk pergi tanpa kompensasi apa pun. Ini menunjukkan karakter besarnya. Untuk beberapa waktu ke depan, kami akan mengevaluasi diri, fokus di bursa transfer, menjalani pramusim, dan bersiap menghadapi Championship. Kami mendoakan yang terbaik untuk David,” imbuhnya.

SIMAK JUGA: Dwight Yorke Tertarik Latih Sunderland

Moyes sendiri tidak menjelaskan alasan gamblang mengapa ia memilih bercerai dengan Sunderland. Ia hanya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak di Sunderland atas dukungannya selama ini.

“Saya juga berharap para pemain dan suksesor saya mampu bekerja baik untuk membawa klub kembali promosi ke Liga Primer,” ungkap manajer Skotlandia berusia 54 tahun itu.

Sejumlah kandidat muncul untuk menggantikan Moyes, di antaranya Nigel Pearson, Aitor Karanka, Dwight Yorke, hingga Kevin Phillips.