Tanpa Barcelona, Lionel Messi Mustahil Jadi Yang Terbaik

Carly Rexach menyebut Lionel Messi dan Barcelona adalah contoh perkawinan sempurna dalam sepakbola.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Mantan pemain dan pelatih Barcelona Charly Rexach menilai Lionel Messi tidak akan berada di level seperti sekarang ini jika ia tidak berkarier di Camp Nou. Menurutnya, Messi dan Barcelona adalah contoh perkawinan sempurna dalam sepakbola.

Messi disebut-sebut sebagai salah satu pesepakbola terbaik dunia saat ini dan bahkan sepanjang masa. Ratusan gol dan puluhan trofi yang telah diukir Messi bersama Blaugrana membuatnya layak disebut sebagai legenda hidup.

Kisah sukses tersebut bermula ketika Barcelona memboyongnya ke Eropa di usia 13 tahun. Kala itu, Rexach bertindak sebagai direktur olahraga Barca dan punya peran penting dalam perekrutan Messi.

SIMAK JUGA: Messi Tolak Tawaran Kontrak Baru?

“Saya percaya, jika Messi tidak datang ke Barcelona, maka tidak akan ada Messi seperti yang kita kenal sekarang,” kata Rexach seperti dikutip SuperDeportivo, Sabtu (7/5).

“Seorang pemain hebat seperti dia disatukan dengan tim hebat seperti Barcelona. Keduanya membentuk duet yang menakutkan. Seandainya dia bergabung ke klub lain, mungkin dia tetap akan menjadi pemain top, tetapi dia tidak akan pernah menjadi pemain terbaik di dunia.”

“Contohnya terjadi dengan timnas Argentina, yang seperti tidak jodoh dengan Messi. Ya, Messi adalah Barcelona. Dari hari ke hari, keduanya terus berkembang lebih baik,” imbuhnya.

Hingga kini, Messi telah mencatatkan 504 gol dari 580 laga bersama Barcelona dengan rentetan gelar seperti delapan gelar La Liga Spanyol, empat titel Liga Champions, dan lima penghargaan Ballon d’Or.