REVIEW La Liga Spanyol: Athletic Bilbao Jaga Kans Tampil Di Eropa

Athletic Bilbao tak kesulitan mengamankan tripoin saat bertamu ke markas Celta Vigo untuk menjaga peluang mereka tampil di pentas Eropa musim depan.


OLEH   ANUGERAH PAMUJI     Ikuti di twitter


 

Athletic Bilbao mencuri angka penuh di Estadio de Balaidos, markas Celta Vigo, setelah menang meyakinkan, tiga gol tanpa balas.

Dwi gol Raul Garcia plus Mikel Rico mengantarkan kemenangan cemerlang bagi anak-anak Bilbao. Dengan hasil ini, Bilbao menjaga posisinya di zona terakhir Liga Europa — posisi keenam — dengan perolehan 62 poin. Ada pun Celva Vigo melorot ke urutan 11 dengan mengoleksi 44 angka.

Deportivo Alaves juga sukses tampil gemilang di markas lawan. Menghadapi Real Betis, Alaves pesta empat gol berbalas satu.

Sejatinya Betis yang tampill di Estadio Villamarin, tampil penuh kepercayaan diri. Saat laga baru berusia 12 menit, gawang tim tamu sudah jebol melalui aksi Ruben Pedro. Sayang, keunggulan ini tak kuasa dipertahanakan tuan rumah di babak kedua.

Di paruh kedua, Alaves menggila dengan memberondong empat gol! Krsticic, Ruben Sobrino, Santos dan Katai masing-masing mencatatkan namanya di papan skor untuk membalikkan keadaan menjadi 4-1! Dengan demikian, Alaves naik ke separuh atas klasemen dengan mengoleksi 48 angka, sedang Betis terdampar di peringkat ke-15 dengan nilai 37.

SIMAK JUGA: Atletico Gunduli Las Palmas

Sementara di Estadio Ipurua, Eibar tak kesulitan memetik kemenangan atas Leganes. Setelah membuntu sepanjang 45 menit pertama, Eibar menunjukkan dominasinya di paruh kedua.

Kike dan Sergi Enrich menjadi protagonis kemenangan berkat masing-masing golnya yang memberikan raihan tripoin bagi Eibar. Tambahan tiga angka membuat Eibar kini mengumpulkan 54 poin dengan duduk di tangga kedelapan. Ada pun Leganes menghuni peringkat ke-17 dengan mengantungi 30 angka.

Beralih ke Estadio El Sadar, Osasuna dan Deportivo La Coruna menuntaskan pertandingan dengan berbagi poin. Keduanya bermain sama kuat, 2-2

Mondragon sempat membawa Osasuna unggul terlebih dulu di awal-awal babak pertama sebelum sepasang gol Guilherme membalikkan keadaan. Dalam posisi La Coruna unggul, Juanfran menghadirkan petaka bagi timnya di menit ke-78 gara-gara membuat gol bunuh diri. Skor 2-2 bertahan sampai kedua tim bersalaman.

Osasuna masih mendekam di posisi juru kunci dengan perolehan 19 poin, sedang La Coruna empat strip di atasnya dengan mengoleksi 32 angka.