PREVIEW Turnamen Toulon 2017: Brasil U-20 – Indonesia U-19

Brasil lebih diunggulkan, namun Indonesia U-19 dinilai bisa memberikan kejutan.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 akan mengawali perjuangan mereka di grup C turnamen Toulon 2017 dengan menghadapi lawan kuat Brasil U-20 di Stadion d’Honneur Marcel Roustan, Kamis (1/6) dini hari WIB. Tentunya, ini bukan lawan yang mudah bagi skuat asuhan Indra Sjafri itu.

Apalagi, Brasil dikenal sebagai salah satu tim yang mengoleksi gelar terbanyak di turnamen ini. Memang, skuat asuhan Carlos Amadeu itu lebih diunggulkan pada laga ini. Namun, bisa saja timnas U-19 yang ditempatkan sebagai underdog memberikan kejutan, apalagi jika Brasil merasa terbebani untuk harus menang di laga ini.

Dari segi persiapan, jelas timnas U-19 masih lebih unggul dibandingkan Brasil yang hanya mempersiapkan tim seminggu jelang turnamen ini. Bahkan, Brasil hanya melakukan satu kali uji coba dengan menghadapi Cruzeiro U-20, yang berkesudahan dengan skor imbang tanpa gol.

SIMAK JUGA: Jepang Buka Turnamen Toulon Dengan Hasil Imbang

Bandingkan dengan timnas U-19 yang sudah melakoni beberapa kali uji coba seperti melawan Patriot Candrabhaga FC, Perseden Denpasar, Celebest FC, hingga Persija Jakarta. Hasilnya pun positif, dengan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan yang tak pernah menelan kekalahan.

SIMAK JUGA: Timnas U-19 Tak Kesulitan Adaptasi Di Prancis

Timnas U-19 pun memiliki kans untuk setidaknya minimal meraih satu poin di laga ini. Menyusul, skuat yang ada di Brasil U-20 saat ini dianggap bukan tim muda terkuat mereka. Kendati ada satu pemain yang kini menjadi incaran beberapa klub besar Eropa di tim ini yakni Marquinhos Cipriano. Pemain sayap Sao Paolo itu dikabarkan kini sedang dalam bidikan Juventus dan Arsenal.

Indra pun sudah mengetahui celah yang bisa dimanfaatkan timnya untuk mencetak gol ke gawang Brasil. “Yang penting pemain jangan takut dan harus optimistis,” tegas Indra.

Proses adaptasi para penggawa timnas U-19 dengan kondisi cuaca di Prancis pun tak mengalami kendala. Itu semakin membuat para pemain timnas U-19 bersemangat untuk menjalani laga perdana nanti.

“Yang penting kami berusaha semaksimal mungkin dan bermain tak kenal lelah sesuai instruksi pelatih,” ujar Rachmat Irianto, bek timnas U-19.

Prakiraan Susunan Pemain

Brasil U-20: Hugo Nogueira; Lucas Minelli, Walce, Bruno Fuchs, Michael; Vinicius Souza, Igor, Juliano Fabro; Marquinhos Cipriano, Paulo Vitor, Gabriel Novaes

Indonesia U-19: M. Riyandi; Rifad Marasabessy, Nurhidayat, Rachmat Irianto, Firza Andika; Luthfi Kamal, M. Iqbal, Resky F Witriawan; Egy Maulana Vikri, Feby Eka Putra, Hanis Saghara

Footer Goal Indonesia Instagram