PREVIEW Serie A Italia: Chievo – AS Roma

Roma kembali membawa misi menunda Scudetto Juventus saat mengunjungi markas Chievo.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Pascaeuforia kemenangan atas Juventus, AS Roma berambisi kembali menunda pesta Scudetto rivalnya itu pada pekan ini. Syaratnya, Roma harus mengalahkan tuan rumah Chievo, Sabtu (20/5) malam WIB, dalam lanjutan giornata 37 Serie A Italia, sembari berharap Juventus gagal menekuk Crotone keesokan hari.

Roma secara matematis masih berpeluang merebut singgasana Juventus dan mencaplok titel Serie A, mengingat kedua tim terpisahkan jarak empat poin dengan sisa dua laga. Namun, membayangkan Juventus kalah beruntun dari Crotone dan Bologna sepertinya menjadi harapan yang terlalu muluk.

Meski pada akhirnya tidak akan mampu mencegah pasukan Massimiliano Allegri meraih titel liga keenam beruntun, Roma setidaknya mereka telah menggagalkan Juventus berpesta di Olimpico pada pekan lalu. Selain mengejar ambisi Scudetto yang menipis, Roma juga masih memiliki misi lain, yakni mengamankan posisi runner-up dari kejaran Napoli.

SIMAK JUGA: Klasemen Serie A Italia

Roma tentu tidak ingin merisikokan finis di urutan ketiga seperti di musim lalu di mana mereka gagal berpartisipasi di Liga Champions setelah tersingkir lewat jalur play-off. Oleh karena itu, kemenangan atas Chievo menjadi harga mati bagi Luciano Spalletti dan pasukannya.

“Tidak ada yang berubah dari sikap kami. Kami tetap harus menang di dua laga sisa melawan Chievo dan Genoa, entah apakah hal itu akan membuat kami finis di posisi kedua atau bahkan menciptakan keajaiban [meraih Scudetto],” kata Spalletti.

Spalletti juga memastikan bahwa penyerang andalannya, Edin Dzeko, sudah pulih dari cedera betis, yang membuatnya absen dalam kemenangan atas Juventus. Selain Dzeko, Roma juga akan bisa menurunkan Kevin Strootman yang telah tuntas menjalani skors dua laga.

SIMAK JUGA: Serba Salah Terkait Totti, Spalletti Menyesal Latih Roma

Skuat yang fit ditambah dengan kemenangan meyakinkan atas Juventus (3-1) dan AC Milan (4-1) di pekan sebelumnya membuat Roma diperkirakan tidak akan kesulitan untuk memetik tiga poin di Stadion Marc’Antonio Bentegodi.

Adapun Chievo saat ini sedang dalam performa negatif setelah hanya sekali menang dari delapan laga terakhir. Namun The Flying Donkeys sudah memenuhi target mereka, yakni terhindar dari zona degradasi alias tetap bertahan di Serie A musim depan.

“Chievo merupakan tim kuat, yang bisa membuat masalah kepada siapa pun. Mereka juga tidak punya target apa-apa di sisa musim ini sehingga bisa bermain lepas. Ini akan membuat mereka berbahaya,” ujar Spalletti waspada.

 

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Chievo (4-3-1-2): Sorrentino; Cacciatore, Gamberini, Cesar, Gobbi; Depaoli, Radovanovic, Bastien; Castro; Inglese, Pellissier

Roma (4-2-3-1): Szczesny; Rudiger, Manolas, Fazio, Emerson; , De Rossi, Strootman; El Shaarawy, Nainggolan, Salah; Dzeko.

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Chievo 0-3 Roma