PREVIEW Serie A Italia: AS Roma – Juventus

Juventus hanya butuh hasil imbang untuk pastikan Scudetto keenam beruntun, dalam grande partita kontra AS Roma di Olimpico Roma.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Grande partita antara AS Roma dan Juventus segera tersaji di Olimpico Roma, pada giornata 36 Serie A Italia, Senin (15/5) dini hari WIB.

Bentrok ini bukan lagi sekadar taruhkan gengsi, tapi juga penentuan Scudetto Serie A musim ini. Jika Roma gagal menang dari Juve, bisa dipastikan gelar bakal melayang ke tangan La Vecchia Signora untuk kali keenam beruntun.

Tentu Roma enggan hal itu terjadi, apalagi di hadapan pendukung mereka sendiri. Karenanya misi kemenangan pun diusung seperti didengungkan wakil kapten tim, Daniele De Rossi.

“Kami harus mengalahkan Juve di Olimpico, tak peduli seberapa sulit dan kami tahu itu sulit. Imbang saja, berarti mereka Scudetto. Kami tak rela mereka melakukannya di Olimpico. Lagipula peluang Scudetto kami masih ada,” ujar De Rossi jelang laga, seperti dikutip Goal Italia.

Sayangnya kewajiban Il Giallorossi untuk menang akan semakin berat seiring dipastikannya ujung tombak sekaligus capocannoniere sementara Serie A, Edin Dzeko, alami cedera. Dia dipastikan absen di partai penting ini.

Besar kemungkinan pelatih Roma, Luciano Spalletti, akan menggunakan skema false nine dalam formasi andalan 4-2-3-1. Mohammed Salah akan jadi pengisi peran tersebut, dengan El Shaarawy turun sejak awal laga di pos winger.

Dani Alves, pemain besar yang krusial di saat genting

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga AS Roma Kontra Juventus

Selain itu Juve sendiri bukan cuma targetkan hasil imbang di partai ini. Mereka menginginkan kemenangan untuk segera pastikan Scudetto dan mempertebal mental hadapi final Coppa Italia, tengah pekan esok.

Selain itu kemenangan juga akan membuat Juve keluar dari krisis ringan yang sedang mendera mereka. Ya, I Bianconeri beroleh hasil imbang di dua giornata terakhirnya, yang membuat pesta Scudetto mereka tertunda sampai dua kali. Pelatih mereka, Massimiliano Allegri, jelas tak ingin pesta anak asuhnya sampai tertunda tiga kali.

“Kemenangan adalah target kami di Olimpico besok. Kami tak boleh berpikir untuk menyasar target imbang. Itu riskan dan jika sampai kalah, potensi Scudetto kami jadi makin meragukan,” tutur Allegri, seperti dikutip Goal Italia.

Komposisi terbaik siap diturunkan Allegri, dengan sedikit rotasi untuk menjaga pemainnya tetap bugar di final Coppa Italia. Walau begitu krisis terdapat di lini tengah dengan absennya Sami Khedira dan Claudio Marchisio akibat cedera. Tomas Rincon, Stefano Sturaro, atau Mario Lemina akan menambal posisi mereka.

Sementara itu Dani Alves kembali diharapkan Juve pancarkan sinarnya di partai krusial ini. Performa eks Barca itu sedang bagus-bagusnya, dengan torehkan tiga assist dan dua gol di tiga partai terakhirnya. Kontribusi maksimal pemain 33 tahun tersebut bisa pastikan gelar Scudetto Si Nyonya Tua.

Meski Roma merupakan lawan kuat dan antagonis utama, Juve tetap jadi unggulan di partai besar ini. Setidaknya hasil imbang bisa dipetik La Vecchia Omcidi untuk pastikan gelar Scudetto keenam beruntun.

Prakiraan Formasi:

AS Roma (4-2-3-1): Szczesny; Rudiger, Fazio, Manolas, Emerson; Paredes, Rossi; Perotti, Nainggolan, Shaarawy; Salah.

Juventus (4-2-3-1):  Buffon; Alves, Bonucci, Benatia, Sandro; Pjanic, Rincon; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain.

Prediksi Goal Indonesia:  AS Roma 1-1 Juventus

TAHUKAH ANDA

  • Juve memenangkan lima dari tujuh bentrok terakhir kontra Roma. Dua laga sisa berakhir sekali imbang dan kalah.
  • Roma hanya kalah sekali dari lima pertemuan kandang terakhir hadapi Juve. Sisanya mereka dua kali menang dan imbang.
  • Sayangnya Roma hanya sanggup mengoleksi sebiji poin dari dua partai kandang terakhir. Terakhir kali ini terjadi, pada Maret 2015.
  • Juve juga tak bisa dibilang lebih baik, karena beroleh hasil imbang di dua giornata terkini. Terakhir kali itu terjdi pada mereka, adalah di Maret 2012.
  • Roma (enam) dan Juve (tujuh), merupakan tim yang paling sedikit kebobolan dari situasi bola mati.
  • Jika sanggup petik satu poin saja di laga ini, Juve dipastikan raih Scudetto keenam secara beruntun.