PREVIEW Serie A Italia: AC Milan – Bologna

Milan berpeluang mengamankan tiket untuk berlaga di Liga Europa musim depan jika mampu meraih kemenangan di laga ini.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Sejak meraih kemenangan telak 4-0 atas Palermo awal April lalu, AC Milan gagal meraih kemenangan dalam lima laga terakhirnya. Kini mereka akan menjamu Bologna pada gionarta 37 Serie A Italia, Minggu (21/5). Rossoneri diprediksi akan sangat ngotot berjuang meraih kemenangan dalam laga kandang terakhirnya musim ini tersebut.

Bologna akan bertandang ke San Siro tanpa beban. Mereka menempati peringkat 15 klasemen tapi tim asuhan Roberto Donadoni tersebut sudah dipastikan aman dari jurang degradasi.

SIMAK JUGA: Klasemen Serie A Italia

Sementara bagi Milan laga ini akan terasa layaknya final. Mereka hanya memiliki peluang yang tipis untuk naik ke peringkat lima. Tapi tim asuhan Vincenzo Montella itu wajib menang atas Bologna agar bisa memastikan finis di peringkat enam dan mendapatkan tiket untuk berlaga di Liga Europa musim depan.

Jika Fiorentina dan Inter gagal menang sementara Milan sukses meraih poin penuh, mereka dipastikan akan tampil di kompetisi antarklub Eropa tersebut.

Fiorentina takluk 4-1 di markas Napoli, Sabtu (20/5). Sementara Inter baru akan berlaga di markas Lazio Minggu (21/5).

SIMAK JUGA – Laporan Pertandingan: Napoli 4-1 Fiorentina

Montella yakin timnya bisa bermain bagus menghadapi Bologna yang cenderung bertahan. Laga kali ini selain krusial bagi posisi Milan di akhir klasemen juga akan spesial bagi sang pelatih karena jika menang ia akan mencatatkan kemenangan ke-100 di kompetisi Serie A sepanjang karirnya sebagai pelatih. 

“Sejak Senin lalu saya telah fokus pada laga ini karena kami bisa meraih target jika memenangkannya. Sekarang saya sudah mencatatkan 99 kemenangan di Serie A sebagai pelatih. Saya yakin kami bisa bermain bagus,” ujar Montella kepada Milan TV.

“Bologna bermain sangat bertahan dan tidak banyak memberi ruang, mereka punya para pemain berkualitas dan telah sukses mencapai targetnya musim ini, mereka tidak punya beban.”

“Ini seperti final. Kemenangan adalah yang terpenting. Ada banyak hal yang dipertaruhkan, [jika menang] kami bisa mencapai target kami di awal musim. Kami harus berjuang semaksimal mungkin di pertandingan ini.”

Jika melihat catatan head-to-head kedua tim Milan tentu lebih diunggulkan.

Milan dan Bologna sudah saling berhadapan sebanyak 137 kali di Serie A sejauh ini. Rossoneri sukses meraih 62 kemenangan sementara Rossoblu 38.

Milan hanya kalah satu kali dalam 14 pertandingan Serie A terakhirnya kontra Bologna. Mereka berhasil meraih sembilan kemenangan dan empat hasil imbang. Rossoneri juga telah mencetak 212 gol sejauh ini ke gawang Bologna, tidak ada tim lain di kompetisi teratas Serie A musim ini yang mampu mencetak lebih banyak gol dari itu.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada Februari lalu. Kala itu Milan berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 di markas Bologna.

Mario Pasalic Bologna Milan

Gol tercipta pada menit-menit terakhir laga lewat aksi Mario Pasalic yang sukses menuntaskan umpan Gerard Deulofeu.

Sementara pertemuan terakhir mereka di San Siro terjadi pada musim lalu, tepatnya Januari 2016. Saat itu Bologna yang sukses mencuri kemenangan di kandang lawan dengan skor tipis 1-0.

Emanuele Giaccherini Milan Bologna Serie A

Gol kemenangan Bologna juga tercipta di penghujung laga lewat aksi Emanuele Giaccherini.

Di laga kali ini Milan kemungkinan sudah bisa kembali memainkan bek andalan mereka Alessio Romagnoli yang telah pulih dari cedera meski belum fit 100 persen. Bek berusia 22 tahun itu diharapkan telah berada di kondisi terbaik di laga kontra Bologna.

Saat menghadapi Bologna, Milan nampaknya harus mewaspadai Mattia Destro dan Simone Verdi.

Keduanya adalah mantan pemain Milan, dan bersama Bologna mereka berdua total sudah mencetak 17 gol (Destro 11 gol, Verdi 6) di Serie A musim ini.

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

AC Milan (3-5-2): Donnarumma; Zapata, Paletta, Romagnoli; Deulofeu, Pasalic, Montolivo, Bertolacci, Vangioni; Lapadula, Bacca.

Bologna (4-3-3): Mirante; Torosidis, Gastaldello, Helander, Mbaye; Donsah, Pulgar, Taider; Verdi, Destro, Di Francesco.

TAHUKAH ANDA?

  • AC Milan tidak pernah meraih hasil imbang dalam sembilan laga kandang terakhirnya (5 menang, 4 kalah)
  • Bologna hanya berhasil meraih satu poin dari empat laga tandang terakhirnya, dan mencetak tiga gol dalam dua tandang terakhirnya di markas Atalanta dan Empoli.
  • Sejak melakoni debut di Serie A, Gerard Deulofeu tercatat paling banyak menciptakan peluang (38) dan dribel sukses (49) di kompetisi tersebut.
  • Federico Di Francesco mencetak gol dan assist dalam dua laga terakhirnya di liga.
  • Mattia Destro telah mencetak lima gol dalam empat penampilan terakhirnya di liga, tapi hanya satu yang tercipta saat bermain di kandang lawan.

PREDIKSI GOAL INDONESIA: AC Milan 2-0 Bologna