PREVIEW Serie A Italia: AC Milan – AS Roma

Kedua tim sedang berada dalam performa yang kurang bagus jelang laga besar yang bisa jadi penentu posisi akhir mereka di klasemen Serie A musim ini.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI     Ikuti di twitter


AC Milan hanya mampu meraih hasil imbang 1-1 saat menghadapi tim papan bawah Crotone pekan lalu, sementara AS Roma takluk 3-1 dalam laga derby menghadapi Lazio. Kini Rossoneri akan menjamu Giallorossi di San Siro pada gionarta 35 Serie A Italia, Senin (8/5) dini hari WIB.

Laga nampaknya akan berlangsung sengit karena kedua tim sedang berjuang mencapai target masing-masing di akhir musim ini setelah pekan lalu gagal meraih hasil maksimal.

Milan, yang kini berada di peringkat keenam klasemen sementara Serie A, sangat membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang finis di lima besar agar bisa tampil di Liga Europa musim depan. Tim asuhan Vincenzo Montella telah gagal meraih kemenangan dalam tiga laga terakhirnya.

SIMAK JUGA – Vincenzo Montella: AC Milan Lebih Mudah Persiapkan Diri Untuk Hadapi AS Roma

Sementara Roma mengincar finis di posisi runner-up, namun kekalahan atas Lazio membuat mereka untuk sementara berada posisi ketiga, tertinggal dua poin dari Napoli yang sukses menang 3-1 atas Cagliari, Sabtu (6/5).

Jelang menghadapi Milan di San Siro, atmosfer di Roma tidak dalam kondisi yang bagus. Terdapat patung mengenakan seragam Roma bertuliskan nama Daniele De Rossi, Mohamed Salah, Radja Nainggolan tergantung di area sekitar Colosseum pada Jumat (5/5) pagi waktu setempat dengan spanduk berisi ancaman setelah kekalahan dari Lazio di Derby della Capitale.

Secara head-to-head Roma memilki catatan yang lebih baik atas Milan. Rossoneri hanya mampu memenangkan satu laga dalam sembilan pertemuan terakhirnya kontra Giallorosi di ajang Serie A, empat kali imbang dan empat kali kalah.

Sebagai pelatih Montella belum pernah berhasil mengalahkan Roma, yang pernah ia bela selama sepuluh tahun saat masih bermain. Milan juga selalu kalah dalam dua pertandingan terakhirnya mengadapi klub ibu kota Italia tersebut.

SIMAK JUGA – Luciano Spalletti: Finis Di Posisi Kedua Akan Terasa Seperti Scudetto Bagi AS Roma

Pada pertemuan terakhir kedua tim yang terjadi di paruh pertama Serie A musim ini, Milan takluk 1-0 dari tim asuhan Luciano Spalletti itu. Gol tunggal Nainggolan membawa Roma berjaya pada laga yang berlangsung di Stadio Olimpico tersebut.

Radja Nainggolan Roma Milan Serie A

Roma juga berhasil memenangkan laga pada pertemuan terakhir kedua tim di San Siro yang terjadi akhir musim lalu.

Meski Milan menjadi tuan rumah mereka takluk 3-1  dari tim tamu. Gol Roma dicetak oleh Mohamed Salah, Stephan El Shaarawy, dan Emerson. Sementara gol hiburan Rossoneri dicetak oleh Carlos Bacca. Dalam empat dari lima pertemuan terakhir di San Siro, Roma dan Milan sama-sama berhasil mencetak gol.

Salah Roma Milan

Sementara itu dalam kondisi terkini dari skuat Milan, Alessio Romagnoli masih harus absen karena mengalami masalah cedera. Itu akan menjadi kehilangan besar karena ia merupakan bek tengah andalan Rossoneri musim ini. Gelandang Juraj Kucka juga dipastikan absen karena menjalani hukuman.

Montella diprediksi akan tetap mengandalkan trio Suso, Bacca, dan Gerard Deulofeu untuk membobol gawang Roma.

SIMAK JUGA: Alessio Romagnoli Absen, AC Milan Panggil Bek Muda Untuk Hadapi AS Roma

Di kubu Roma Spalletti kemungkinan akan tetap bermain dengan formasi andalannya 4-2-3-1, dengan mantan pemain Milan El Shaarawy sebagai salah satu dari trio gelandang serang yang akan mendukung Edin Dzeko sebagai ujung tombak.

Ketajaman Dzeko sepanjang musim ini wajib Milan waspadai. Penyerang asal Bosnia-Herzegovina itu telah mencetak 25 gol di Serie A musim ini. Ia gagal mencetak gol di dua laga terakhir, namun sejauh ini ia belum pernah gagal mencetak gol dalam tiga laga beruntun.

Di lini tengah Roma akan kehilangan Kevin Strootman yang mendapatkan larangan bermain dalam dua laga ke depan. Posisinya kemungkinan akan diambil alih Leandro Paredes, mantan pemain Empoli itu akan didampingi De Rossi di lini tengah.

Prakiraan Susunan Pemain:

AC Milan XI (4-3-3): Donnarumma; De Sciglio, Zapata, Paletta, Vangioni; Mati Fernandez, Sosa, Pasalic; Suso, Bacca, Deulofeu.

Roma XI (4-2-3-1): Szczensy; Emerson, Manolas, Fazio, Juan Jesus; Paredes, De Rossi; Salah, Nainggolan, El Shaarawy; Dzeko.

Tahukah Anda?

  • Meski hanya Inter yang lebih sering mengancam gawang lawan lewat sundulan dibanding Roma (98) sejauh ini, Giallorossi hanya mampu mencetak tiga gol lewat sundulan di Serie A musim ini: hanya Pescara (dua gol) yang lebih sedikit dalam hal mencetak gol sundulan hingga pekan ke-34.
  • Sebelumnya hanya dua kali Roma bisa meraih setidaknya 75 poin setelah menjalani 34 laga: musim 2000/01 (75 poin) dan 2013/14 (82).
  • Stephan El Shaarawy berhasil mencetak gol pada satu-satunya laga Serie A kontra AC Milan di stadion San Siro.
  • Carlos Bacca telah mencetak empat gol dalam empat pertandingan pada ajang liga menghadapi klub dari kota Roma di San Siro: satu vs Frosinone, dua vs Lazio dan satu vs Roma.
  • Sejak bergabung denga AC Milan, Gerard Deulofeu telah menciptakan 33 peluang untuk rekan-rekannya di ajang Serie A musim ini, hanya Alejandro Gomez (37) yang mencatatkan lebih banyak sepanjang musim ini.
  • Tanpa Kevin Strootman Roma tidak terkalahkan dalam tiga laga di ajang Serie A musim ini: dua kali menanga dan sekali imbang.

Prediksi Goal Indonesia: AC Milan 1-1 AS Roma