PREVIEW Liga Primer Inggris: Tottenham Hotspur – Manchester United

Tiga angka dibutuhkan Spurs untuk menjaga asa juara sampai detik terakhir, selagi tim tamu bertekad mengamankan zona Liga Champions.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Duel seru akan tersaji di White Hart Lane saat Tottenham Hotspur, yang menempati urutan kedua, menjamu Manchester United dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu (14/5) malam WIB.

Spurs arahan manajer Mauricio Pochettino untuk sementara tertinggal tujuh poin di belakang sang pemuncak klasemen Chelsea, yang berpeluang mengklaim gelarnya jika mampu mengatasi West Bromwich Albion pada Sabtu (13/5) dini hari WIB.

Jika toh nantinya Chelsea menang dan keluar sebagai juara, Spurs yang kemudian tidak lagi punya peluang bertekad mengakhiri musim dengan elegan dan itu ditekankan oleh gelandang Christian Eriksen.

Gelandang Denmark itu mengatakan: “Persiapan kami untuk laga nanti seperti biasa,” ujarnya di laman resmi klub. “Ketika kami melawan Arsenal, itu adalah derby London di Lane namun kami tampil sangat baik dan mudah-mudahan bisa melakukan hal serupa untuk pertandingan terakhir di White Hart Lane.

“Tentunya pertandingan nanti berbeda namun kami harus fokus pada duel nanti dan mengerahkan yang terbaik demi meraih kemenangan.”

SIMAK JUGA: Kalah, Ajax Tetap Melaju Ke Final

Sementara itu, United yang baru saja memastikan diri melenggang ke final Liga Europa memiliki waktu persiapan yang mepet. Manajer Jose Mourinho kiranya akan kembali melakukan rotasi karena sebelum ini ia menegaskan juara di kompetisi Eropa adalah targetnya musim ini.

Ia mengatakan: “Saya tahu ini satu-satunya kompetisi yang tidak pernah dimenangkan Manchester United dan akan bagus menutup siklus tersebut dan mengatakan kami adalah klub yang memenangkan setiap kompetisi di dunia,” kata Mourinho pada awal bulan ini.

“Memikirkan kami sebagai sebuah tim, saya pikir akan menjadi pencapaian bagus dengan banyaknya masalah yang kami hadapi dan akan mengizinkan kami kembali ke Liga Champions musim depan.

“Sekarang Liga Europa lebih penting bagi kami,” imbuhnya.

Di pertandingan ini, Spurs dipastikan tidak akan diperkuat winger Erik Lamela (panggul) dan gelandang Harry Winks (engkel), sedangkan Danny Rose (MCL) dimungkinkan kembali jika lolos dalam tes kebugaran di sesi latihan terakhir.

Sementara itu, United arahan Mourinho dalam kondisi compang-camping. Setidaknya ia kehilangan Ashley Young (hamstring), Luke Shaw (ligamen kaki), Timothy Fosu-Mensah (dislokasi bahu), Zlatan Ibrahimovic, Marcos Rojo dan James Wilson (ketiganya ACL, dan hal itu diperparah dengan cederanya Marcus Rashford (lutut). Terlepas itu, gelandang Marouane Fellaini masih harus absen karena menjalani suspensi.

Prakiraan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Davies; Dier, Wanyama; Son, Eriksen, Alli; Kane.

Manchester United: De Gea; Valencia, Jones, Smalling, Darmian; Carrick, Pogba; Mkhitaryan, Rooney, Lingard; Martial.

Data & Fakta

  • Satu-satunya kemenangan Spurs atas United dalam 15 laga kandang terakhir di Liga Primer terjadi musim lalu. Waktu itu, Spurs menang dengan skor 3-0 (I6 K8).
  • Kekalahan 3-0 yang diterima United itu menjadi kali pertama mereka kebobolan dalam lima kunjungan terakhir ke White Hart Lane di Liga Primer, dengan mereka mengklaim empat clean sheets.
  • Jose Mourinho gagal memenangkan empat kunjungan terakhirnya ke White Hart Lane di Liga Primer (I2 K2), dan tidak pernah lagi memenangkan pertandingan liga di sana sejak Agustus 2005, ketika Chelsea arahannya menang 2-0.
  • United menjadi tim yang paling sering mengalahkan Spurs di era Liga Primer (32). Jika ditotal, Spurs kalah 77 laga melawan Setan Merah, delapan lebih banyak ketimbang melawan tim lain.
  • United gagal mencetak gol dalam dua kunjungan liga terakhirnya ke White Hart Lane. Di era Liga Primer, rekor terburuk mereka adalah saat bertemu Everton (tiga laga antara Agustus 2012 dan April 2015) dan Chelsea (empat laga antara November 2003 dan Mei 2007).
  • Spurs berpotensi tidak terkalahkan di kandang dalam sebuah musim sejak 1964/65. Di musim ini, catatan kandang mereka adalah M16 I2 K0.
  • Sejak Januari 2015, Mourinho gagal membawa pasukannya mencetak gol tandang melawan klub enam besar. Empat dari tujuh pertandingan bahkan berakhir 0-0, sementara tiga sisanya berbuah kekalahan.
  • Bersama Spurs, Harry Kane sukses menjebol gawang 23 dari 25 tim yang ia temui di Liga Primer– meski begitu ia belum pernah mencetak gol ke gawang United dalam enam penampilannya.
  • Tiga dari empat kekalahan United di Liga Primer musim ini terjadi pada hari Minggu, beberapa hari setelah mereka tampil di kompetisi Eropa.
  • Spurs sukses memenangkan 13 laga kandang terakhirnya di liga – rekor terbaik mereka adalah 14 pertandingan antara Januari dan Oktober 1987.

Prediksi Goal Indonesia: Tottenham Hotspur 2-0 Manchester United